Menpora Zainuddin Amali : Pembukaan FORNAS VI Sumsel Luar Biasa

Menpora Zainuddin Amali : Pembukaan FORNAS VI Sumsel Luar Biasa

PALEMBANG, PALPOS.ID - Opening Ceremony Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) VI yang digelar meriah di Venue Dayung Jakabaring Sport City (JSC), Jumat (1/7) malam tak hanya menyisakan kesuksesan.

Namun juga menuai ketakjuban banyak pihak tak terkecuali dari Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) RI Zainuddin Amali dan Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), Hayono Isman

Mewakili Presiden RI Joko Widodo, Menpora RI Zainuddin Amali mengatakan bahwa olahraga masyarakat memang mungkin belum populer dibandingkan olahraga prestasi. Padahal sejatinya dalam  UU Nomor 11 tentang keolahragaan, ada 3 kelompok olahraga masing-masing yakni olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga masyarakat. Dimana olahraga masyarakat dalam UU Nomor 11 tahun 2022 tentang keolahragaan dan juga Perpres Nomor 86 tahun 2021 masuk dalam desain besar olahraga nasional. 

Olahraga masyarakat menurut Menpora  berperan penting karena tidak mungkin dapat prestasi baik dan gemilang jika olahraga masyarakat ini tidak digerakkan dari dahulu. Dengan menjadi gaya hidup dan dihadirkan di tengah tengah masyarakat maka muncul talenta-talenta atlet berprestasi. Karena itu pula pemerintah terus berupaya memberikan ruang  yang sama bagi olahraga masyarakat. 

"Semua mulai menggeliat kembali. Setelah 2 tahun pandemi dan semua kegiatan terhenti baik olahraga pendidikan, olahraga prestasi dan olahraga masyarakat. FORNAS VI Sumsel ini menjadi awal yang baik untuk menggerakkan kembali kegiatan di tengah masyarakat," jelas Menpora. 

Atas penyelenggaraan yang luar biasa itu, Menpora juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Sumsel.H. Herman Deru yang telah dipercaya menjadi tuan rumah. 

"Saya tidak heran kalau Sumsel mampu, karena event-event internasional pun banyak digelar disini seperti Sea Games, ISG, Asian Games dan FORNAS VI. Ini luar biasa," paparnya. 

Menpora bahkan memberikan bocoran bahwa, Sumsel dalam waktu dekat tak kalah membanggakan karena akan menjadi tuan rumah perhelatan dunia yakni World Cup U-20. 

"Banyak orang bertanya dan harus Saya katakan di sini jangan ada keraguan karena Jakabaring telah ditunjuk sebagai  stadion Piala Dunia U-20. Maka bersiaplah menjadi tuan rumah world cup U-20," tegasnya. 

Dalam kesempatan itu Menpora juga mengakui salut dengan pegiat olahraga rekreasi masyarakat di Sumsel. Iapun berharap tren positif seperti ini dapat menjadi contoh penyelenggaraan FORNAS berikutnya tahun 2023 yang rencananya akan digelar di Provinsi Jabar. 

"Olahraga menjadi kebutuhan kita pada saat pandemi melanda negeri ini. Kepada para peserta mari jadikan ajang ini untuk bersilaturahmi maka jadikan ini ruang gembira menuju kebugaran kita semua. Jangan berambisi menjadi juara umum. Karena inilah sejatinya olahraga masyarakat yang bukan semata berkompetisi tapi mengutamakan silaturahmi, dan kebugaran," imbuhnya.

Melalui FORNAS VI ini Menpora juga mengajak semua untuk mengembalikan lagi semboyan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga seperti tahun-tahun silam. 

Apresiasi dan rasa takjub tak hanya diungkapkan Menpora tapi juga Ketua Umum KORMI Hayono Isman. Menurutnya dengan anggaran yang tidak banyak namun penyelenggaraan FORNAS VI menakjubkan dan luar biasa. 

"Ini murah tapi tidak murahan. Tak bisa kita memumgkiri penyelenggaraan FORNAS VI Sumsel ini menakjubkan dan bisa jadi contoh bagi tuan rumah Fornas VII Jabar," ujarnya saat menyampaikan sambutan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: