500 Lebih Jemaah Khusyuk Salat Ied di Masjid Al-Jannah Palembang

500 Lebih Jemaah Khusyuk Salat Ied di Masjid Al-Jannah Palembang

PALEMBANG, PALPOS.ID -  Masjid Al-Jannah, yang ada di Jalan Siaran Kecamatan Sako Kota Palembang, lebih dulu gelar Salat Idul Adha berjemaah. Mereka gelar salat satu hari sebelum ketetapan dari Kemenag RI.

Sebanyak 500 lebih jemaah ikut salat di Masjid Al-Jannah, berdatangan sejak pukul 06.00 WIB. Kemudian langsungkan salat pada pukul 07.00 WIB, Sabtu (09/7).

Sebelumnya, keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah tepat pada Minggu, 10 Juli 2022.

Terpantau kegiatan salat berjemaah berlangsung dengan tertib dan khusyuk, bersama Ustadz Ridwan Hayatuddin, selaku Imam salat dan khotib.

Pimpinan Ranting Muhammadiyah Sako, Tabrani Adnan menuturkan, ada sekitar 500 lebih jemaah yang hadir untuk melangsungkan salat pada hari ini.

“Untuk jemaah ada juga berasal dari masyarakat umum. Bukan hanya dari Muhammadiyah saja yang salat disini," tuturnya.

Lebih lanjut, Tabrani mengungkapkan bahwa Muhammadiyah lebih dulu melangsungkan salat karena menyesuaikan metode perhitungan hisab yang berstruktur. Untuk penyembelihan qurban juga akan dilakukan esok hari.

“Pemotongan sapi besok, terdapat sapi 5 ekor kambing 2 ekor pukul 09.00 WIB," jelasnya.

Sementara itu, Ridwan Hayatuddin selaku Ustadz, sekaligus imam Salat Idul Adha menjelaskan terkait masalah qurban. Jika qurban salah satu bentuk syukur umat muslim kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diberikanNya.

"Kurban sendiri merupakan salah satu sunnah muakad, atau sunnah selalu dikerjakan oleh Rasululah SAW. Sebagai salah satu bentuk syukur umat Muslim atas segala nikmat yang telah Allah berikan," jelasnya.

Doni selaku warga setempat juga mengungkapkan bahwa dia bersama keluarga sengaja datang untuk melangsungkan salat Ied pada hari ini. Kendati dirinya bukan warga Muhammadiyah.

"Alasannya walaupun saya tidak tergabung Muhammadiyah, tetapi keyakinan dan kemauan saya sendiri mau hari ini. Tetangga juga banyak yang ikut salat hari ini. Alasan lainnya juga kita tidak tahu hari besok berhalangan atau sakit. Jadi lebih baik duluan," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: