Dibawah Kepemimpinan Teddy, Kabupaten OKU Raih Berbagai Prestasi

Dibawah Kepemimpinan Teddy, Kabupaten OKU Raih Berbagai Prestasi

Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah, saat menerima penghargaan TOP Pembina BUMD Award 2022, Jumat (29/07). -Palpos.id-Diskominfo OKU

BATURAJA, PALPOS.ID - Tepat pada Jumat, 29 Juli 2022 tadi, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) merayakan hari jadinya ke-112.

Perayaannya sendiri berlangsung di Gedung Kesenian Baturaja yang dihadiri sekitar 1.000 tamu undangan.

Berbeda dibandingkan dengan perayaan HUT OKU di tahun-tahun sebelumnya, kali ini daerah berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang itu sudah dipimpin oleh sosok Penjabat Bupati.

Sosok Pj Bupati OKU sendiri adalah orang yang sudah cukup dikenal masyarakat OKU, yakni H Teddy Meilwansyah yang dulunya menjabat Kepala Dinas Pendidikan OKU di era Bupati OKU, H Kuryana Azis dan Wakilnya, Johan Anuar.

Meski baru beberapa bulan diamanahkan menjabat Pj Bupati OKU, mantan Pj Bupati Muara Enim ini mampu membawa kabupaten yang dipimpinnya itu meraih berbagai prestasi baik di skala regional maupun nasional.

Bahkan alumni SMAN 1 OKU ini juga berani melakukan berbagai terobosan dan inovasi untuk mensejahterahkan penduduknya yang berjumlah 367.603 jiwa.

Sesuai visi dan misinya, Teddy ingin mendorong warganya agar Bangkit dan Bersatu Dalam Berkarya Menuju Masyarakat Yang Bersih, Kreatif, Religius, Maju dan Sejahtera.

Mengenai prestasi, Teddy baru-baru ini meraih penghargaan Mata Lokal Award dengan katagori Bupati Inovatif di bidang  Penerapan Teknologi Pertanian Terpadu.

Penghargaan ini sendiri diberikan pada perayaan puncak HUT Tribun Sumsel ke-10 dengan tema 1001 Cerita Bumi Sriwijaya Untuk Indonesia Maju, dan Sumsel Mandiri Pangan yang diselenggarakan di Griya Agung Palembang pada 12 Juli 2022 lalu.

Penghargaan ini diberikan mengingat keberhasilan Kabupaten OKU menerapkan teknologi pertanian khususnya hortikultura. Seperti keberhasikan menerapkan teknologi treatment tanah, sehingga mampu mendongkrak hasil panen jagung di wilayah tersebut.

Data dari Dinas Pertanian OKU menunjukan pada Mei 2022 lalu total jagung yang berhasil dipanen di wilayah itu mencapai 8,6 ton, sementara secara nasional targetnya hanya 6,7 ton. Artinya, OKU mengalami surplus jagung sebanyak 1,9 ton.

Selanjutnya Teddy Meilwansyah juga menerima penghargaan TOP Pembina BUMD Award tahun 2022 pada April lalu. Reward ini sendiri merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada berbagai BUMD terbaik di Indonesia atas prestasi, perbaikan dan kontribusinya terkait kinerja bisnis, layanan dan lebih jauh lagi kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Selain Teddy, penghargaan itu juga diberikan kepada TOP BUMD Award Bintang Empat kepada PT BPR Baturaja, TOP BUMD Award Bintang Lima kepada RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, serta TOP CEO BUMD kepada Dirut RSUD Ibnu Sutowo Baturaja dr Rynna Dyana dan Dirut PT BPR Baturaja Januar Hertanto.

TOP BUMD Award 2022 sendiri adalah satu-satunya kegiatan corporate ranting (penilaian kinerja BUMD) yang terbesar, serta paling membanggakan di Indonesia. Apalagi penghargaan ini diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia, salah satunya RSUD Ibnu Sutowo Baturaja dan PT BPR Baturaja.

Penghargaan ini sendiri berhasil diraih berkat kerja keras dan kolaborasi dari semua pihak dibawah binaan Pemkab OKU. Hasilnya, dua BUMD itu tetap bisa eksis dan berkembang meskipun tengah diterpa badai covid-19.

Kemudian pada bulan lalu, H Teddy Meilwansyah kembali meraih penghargaan terbaik se Indonesia di ajang TASPEN Award 2022 bertempat di Ballroom Hotel Bidakara Jakarta.

Pemkab OKU menerima penghargaan bergengsi tingkat nasional sebagai satu-satunya kabupaten yang menerima penghargaan TASPEN Award 2022 dalam katagori Kabupaten Terbaik Tingkat Nasional atas kerjasama dan dukungan dalam program TASPEN.

TASPEN Award 2022 diberikan kepada Pemkab OKU atas penilaian unggul dengan beberapa krateria antara lain dalam hal aspek keuangan, ketepatan waktu dalam penyetoran iuran IWP, ketepatan waktu dalam penyetoran iuran JKK JKM.

Kemudian aspek layanan ketepatan waktu penerbitan SKPP, Top Up manfaat bagi peserta, aspek data implementasi SIMGAJI, penyampaian softcopy daftar gaji dan perlengkapan perekaman data keluarga.

Penghargaan ini sendiri diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, H Tito Karnavian yang langsung diterima oleh Pj Bupati OKU, H Teddy Meilwansyah. Sebagai apresiasi Pemkab OKU pada kesempatan itu juga menerima bantuan satu unit mobil ambulans.

Selanjutnya awal Juli lalu, H Teddy Meilwansyah juga menerima penerima penghargaan dari Kapolda Sumsel atas dukungan hibah anggaran untuk pengembangan ETLE Nasional Presisi di Provinsi Sumsel. Penghargaan ini diberikan ke Teddy saat HUT Bhayangkara ke-76.

Terakhir, Pemkab OKU yang dinahkodai Teddy juga berhasil sukses meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-7 kali berturut-turut dari pemerintah pusat.

"Alhamdulilah, puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT. Karena berkat rahmad dan kasih sayangnya kabupaten yang kita cintai ini bisa meraih berbagai prestasi membanggakan di skala regional maupun nasional. Selain itu, saya ucapkan terima kasih atas dukungan semua Organisasi Perangkat Daerah. Mari kita pertahankan agar kedepan OKU terus meraih prestasi membanggakan," kata Teddy saat dibincangi di sela-sela perayaan HUT OKU ke-112. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: