Sebagai Bentuk Perdamaian, Pasukan Tentara Jepang Hadiahi Origami Burung Bangau Untuk Kota Palembang

Sebagai Bentuk Perdamaian, Pasukan Tentara Jepang Hadiahi Origami Burung Bangau Untuk Kota Palembang

Penyerahan patung perdamaian dari angkatan bersenjata Jepang kepada Pemprov Sumsel, Kamis (04/08). -Palpos.id-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan menerima kunjungan Pasukan Angkatan Bersenjata Jepang dalam rangka Penyerahan Patung Perdamaian.

Kegiatan tersebut berlangsung di Monumen Pederitaan Rakyat (Monpera) Palembang pada, Kamis (4/8).

Selain melakukan kunjungan, pasukan tentara Jepang tersebut datang ke Kota Palembang untuk latihan Militer Gabungan Super Garuda Shield 2022. Mereka juga menghadiahi burung bangau yang terbuat dari origami sebagai bentuk perdamaian.

“Ini pertama kali Jepang berkunjung setelah Kemerdekaan Indonesia, bagi pasukan Airbone, tidak ada yang tidak mengenal Kota Palembang, karena ini tempat bersejarah mereka di Asia. Karena di tahun 1942, Kota Palembang menjadi tempat pendaratan pertama Tentara Jepang ketika menyerang Indonesia,” ujar Junichi Fuoko, selaku Danbrig Paratroopers I Airbone Jepang

Selanjutnya, Junichi Fuoko menuturkan jika origami tersebut juga menjadi doa bagi mereka yang sudah meninggal dan harapan agar perdamaian selalu menyelimuti kedua negara ini di kemudian hari.

“Dengan bentuk lipatan origami yang juga dirangkai jadi satu itu, semoga mendatangkan dan mendoakan kedamaian dikemudian hari,” tambahnya.

Sementara itu, Megawati selaku Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel berharap agar kunjungan serupa rutin dilakukan oleh para tentara Jepang.

“Selain dari misi perdamaian dari tentara Jepang tersebut, tentu kita mengharapkan agar kedepan mereka bisa rutin melakukan kunjungan ke Kota Palembang sebagai wisatawan,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: