Pemkot Palembang Bersama Baznas Kembali Berikan Bantuan Bedah Rumah

Pemkot Palembang Bersama Baznas Kembali Berikan Bantuan Bedah Rumah

Sekda Ratu Dewa secara simbolis menyerahkan kunci rumah kepada Bapak Zainudin Haris, Senin (29/08). -Palpos.id-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), kembali memberikan bantuan bedah rumah.

Kali ini bantuan bedah rumah tersebut diberikan kepada keluarga Bapak Zainudin Haris.

Kediamannya terletak di Jalan Balap Sepeda, Lorong Muhajirin I, Kelurahan Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang.

Dalam hal ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Ratu Dewa yaang langsung menyerahkan sekaligus meresmikan bedah rumah tersebut.

BACA JUGA:Atasi Masalah Sampah di Palembang, Ratu Dewa Akan Berdayakan UPT

"Alhamdulillah hari ini kita peresmian dan penyerahan rumah dari hasil bedah rumah oleh Baznas Kota Palembang kepada keluarga bapak Zainuddin. Ini sebagai tanda dan wujud kepedulian dari Pemerintah kota melalui Baznas," ujarnya saat diwawancarai usai kegiatan, Senin, 29 Agustus 2022.

Dewa menuturkan, jika program tersebut juga nantinya akan lebih dikembangkan melalui program-program untuk kepentingan masyarakat.

"Tentunya banyak program lain yang sudah digagas dan diimplementasikan oleh Baznas kota Palembang, seperti contoh hari ini bedah rumah yang ke-25,” ungkapnya.

‘’InsyaAllah, dengan bedah rumah ini bisa membantu bapak Zainuddin berserta keluarga, sehingga bisa lebih nyaman menjalani kehidupannya," tuturnya.

BACA JUGA:Wako Harnojoyo Dorong OPD Ciptakan Inovasi

Sementara itu, Zainudin Haris selaku penerima bantuan bedah rumah mengatakan, jika dirinya sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan Pemerintah melalui Baznas tersebut.

“Saya sangat bersyukur karena diberi bantuan rumah ini, karena kan dulu rumah saya ini terbuat dari kayu dan sering rusak malah sampai roboh,” katanya.

Zainudin menjelaskan, rumahnya dulu sering terendam banjir hingga membuat kayu menjadi rapuh dan harus selalu diperbaiki.

“Sering kena banjir, sepaha malah sampai sedada tingginya. Namanya juga rumah terbuat dari kayu, jadi kan kalau sering kena air pasti rapuh,” jelasnya.

BACA JUGA:Sumsel Peringati Hari Jadi ke-76, Harnojoyo Berharap Sinergi Berlanjut

Lebih lanjut dirinya berkata, jika dapat menerima bantuan tersebut dengan cara mengajukan kepada RT setempat.

“Saya kan kerja serabutan, bingung juga mau dapat uang dari mana untuk renovasi rumah,” terangnya.

‘’Pernah kredit untuk benerin rumah, tapi roboh lagi. Jadi saya diberitahuntetangga untuk ngajuin bantuan sama RT, terus diajukan ke camat lalu ke pemkot. Ternyata saya dapet bantuan itu dari baznas,” ucapnya.

Selain itu, Ridwan Nawawi selaku Ketua Baznas Kota Palembang, mengungkapkan jika dana yang digelontorkan untuk merehab rumah bapak Zainudin Haris tersebut 39 juta rupiah.

BACA JUGA:Wako Harnojoyo Bantu Evakuasi Dua Pohon Tumbang

“Untuk anggaran rehab rumah ini anggarannya 39 juta rupiah, saat ini sudah 25 rumah yang direhab,” ungkapnya.

‘’Memang banyak sekali yang mengajukan, jadi sebenaenya ada dua kategori. Yang pertama itu bedah dan yang kedua rehab, kalau bedah itu seluruhnya dirombak," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: