Ketua Saber Pungli Empat Lawang Tegaskan Hasil Verifikasi Dugaan Pungli SKU Diserahkan ke APIP

Ketua Saber Pungli Empat Lawang Tegaskan Hasil Verifikasi Dugaan Pungli SKU Diserahkan ke APIP

Kompol Hendri SH, Ketua Tim Saber Pungli Empat Lawang. -Palpos.id-

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID - Ketua tim saber pungli Kabupaten Empat Lawang telah berkoordinasi dengan Inspektorat Kabupaten Empat Lawang.

Terkait dugaan pungutan liar (Pungli) pembuatan surat keterangan usaha (SKU) di Kantor Camat Tebing Tinggi beberapa hari yang lalu.

Ketua tim saber pungli Kabupaten Empat Lawang Kompol Hendri SH yang juga Wakapolres Empat Lawang sudah memverifikasi dan hasilnya telah diserahkan ke APIP.

"Tim gabungan saber pungli sudah melakukan verifikasi dan hasil verifikasi diserahkan ke APIP Inspektorat untuk mendalami lebih lanjut sebagai pengawas Internal," katanya, Selasa 13 September 2022.

BACA JUGA:Masyarakat Tanyakan Keberadaan Organisasi Cyber Pungli, Sekcam Tebing Tinggi Akui SKU Bayar

Saat wartawan menanyakan hasil verifikasi yang dilakukan oleh tim saber pungli terhadap dugaan pungutan liar di Kecamatan Tebing Tinggi, Hendri mengungkapkan untuk menghubungi APIP. "Silahkan konfirmasi ke APIP pak,” jawabnya singkat.

Diberitakan sebelumnya, Keberadaan organisasi saber Pungli dipertanyakan oleh masyarakat Kabupaten Empat Lawang.

Karena, sejauh ini keberadaan organisasi cyber pungli tidak pernah menunjukan eksitensinya kepada masyarakat.

Oleh karena itu indikasi perbuatan pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab semakin meraja rela di Kabupaten Empat Lawang.

BACA JUGA:Cipayung Plus Sebut PBAK UIN Raden Fatah Palembang Tahun 2022 Terindikasi Pungli

Seperti dugaan pungli yang dilakukan oleh oknum pemerintahan Kecamatan Tebing Tinggi yang memungut biaya untuk pembuatan SKU sebesar 10 ribu, sebagai salah satu persyaratan mengajukan bantuan UMKM.

Namun pungli yang terang-terangan itu tidak ada kejelasan dari penegak hukum yang berada di Kabupaten Empat Lawang, seakan-akan menutup mata telinga.

Salah satu warga Empat Lawang yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan dimana keberadaan organisasi cyber pungli di Kabupaten Empat Lawang.

Yang mana oknum di Kantor Camat Tebing Tinggi sangat jelas memungut biaya pembuatan SKU.

BACA JUGA:Warga Tanjung Batu Resah Ada Oknum Pungli Bermodus Fogging Nyamuk

"Jelas-jelas ada pungli tapi tidak ada tindakan dari instansi terkait, kemana cyber pungli di Kabupaten Empat Lawang. Saat nya tujukan eksitensi agar masyarakat percaya akan kinerja cyber pungli," ungkap warga Empat Lawang.

Dari wawancara wartawan dilapangan kepada sekretaris camat (Sekcam) Komarida mengiakan jika untuk mendapatkan SKU itu membeli.

"Ia bayar, bayar itukan untuk anak-anak yang capek, makan minum," jawab Sekcam Komarida.

Sementara Ketua Cyber Pungli Kabupaten Empat Lawang Kompol Hendri SH, yang juga Wakapolres Empat Lawang mengatakan sedang melakukan koordinasi dengan Inspektorat. "Sedang kami koordinasikan dengan inspektorat," jawabnya Singkat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: