RSUD Siti Fatimah Jadi Rujukan Utama Pasien Jantung hingga Uronefrologi

RSUD Siti Fatimah Jadi Rujukan Utama Pasien Jantung hingga Uronefrologi

Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima audiensi Tim Kemenkes dan RS Rujukan Nasional, Rabu 12 Oktober 2022. -Palpos.id-Humas Pemprov Sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siti Fatimah Az Zahra akan menjadi RS rujukan utama dibawah pembinaan Rumah Sakit Pengampu Nasional.

Sehingga RS milik Provinsi Sumsel tersebut akan menjadi pusat rujukan penyakit prioritas.

Seperti Kanker, Jantung, Stroke dan Uronefrologi, secara mandiri berbasis keselamatan pasien. 

Hal itu terungkap saat Gubernur Sumsel H Herman Deru saat menerima  audiensi Tim Kemenkes dan RS Rujukan Nasional.

BACA JUGA:Ada Dugaan Korupsi Rp4,7 Miliar dari Pembangunan Gedung RSUD Sekayu

Masing-masing Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta, RS Kanker Dharmais.

Kemudian, RS Pusat Otak Nasional dan RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), serta RSMH Palembang, bertempat di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Selasa 11 Oktober 2022 petang.

Herman Deru berharap, Program Pengampuan Rumah Sakit Jejaring ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah untuk mendapatkan pelayanan pengobatan penyakit Kanker, Jantung, Stroke dan Uronefrologi.

"Melalui program jejaring ini  kualitas pelayanan RSUD Siti Fatimah akan  sesuai standar. Hal ini pula akan bertujuan untuk menurunkan angka kematian akibat keterlambatan penanganan pasien-pasien di Indonesia khususnya di Provinsi Sumsel," tegas Herman Deru. 

BACA JUGA:RSUD Sekayu Jadi Tempat Pendidikan Dokter Spesialis dan Umum

Dia berharap Program yang diinisiasi Kemenkes dan diampu oleh RS Rujukan Nasional, harus secepatnya diwujudkan.  

"Ini akan memudahkan masyarakat dalam Sumsel mendapatkan akses pelayanan kesehatan khususnya,  untuk penyakit jantung, stroke, kanker dan ginjal,” katanya.

Diakui Herman Deru, Program yang diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan RI ini selaras dengan apa yang didengungkan oleh Pemprov Sumsel.

Dimana Ia menginginkan dari beberapa Rumah Sakit yang ada di Provinsi Sumsel masing-masing memiliki pelayanan unggulan. 

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Efektifkan Penggunaan DTU dan BTT untuk Kendalikan Inflasi

“Secara administratif kami Pemprov Sumsel mendukung penuh program ini, kalau ada MOU saya ingin segera, kalau mau disamakan dengan Rumah Sakit yang ada di Malaka, RSUD Siti Fatimah dan Pemprov  Sumsel akan kita siapkan syaratnya,” ungkapnya.

Gubernur juga menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel untuk berkoordinasi dengan tim dari pusat dan RS Pengampu Nasional untuk membenahi kesiapan terbentuknya program pengampuan jejaring rujukan di Provinsi Sumsel.

“Saya ingin kalau bisa Dinkes langsung ambil tindakan jemput bola,,” katanya.

Dilain pihak, Direktur Utama Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita DR dr Iwan Dakota SPJP(K) Mars mengatakan, RS Harapan Kita akan melakukan pembinaan layanan jantung terhadap RS yang diampu. Meliputi peningkatan kapasitas tenaga kesehatan dan pendampingan layanan. 

BACA JUGA:Deputi LAN RI Puji Komitmen Pemprov Sumsel dalam Meningkatkan Kompetensi SDM

Terlebih Menurutnya, saat ini Kementerian Kesehatan sedang melakukan transformasi sistem kesehatan di Indonesia, untuk melakukan percepatan penanganan masalah-masalah kesehatan di Indonesia.

Diantaranya,  penyakit jantung, stroke, kanker dan ginjal, dimana penyakit tersebut memiliki prevalensi yang tinggi, membutuhkan biaya tinggi, serta angka kematian yang tinggi.

‘’Upaya ini harus dilakukan sehingga seluruh rakyat Indonesia bisa dengan mudah mendapatkan layanan dengan kualitas yang baik, tanpa perlu lama menunggu. Nantinya diharapkan dapat secara mandiri melakukan tindakan operasi baik bedah maupun non bedah, sehingga mempermudah akses masyarakat, sekaligus pemerataan dalam penanganan penyakit jantung, stroke, kanker dan ginjal di seluruh wilayah Indonesia,” katanya. (*/rilis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas pemprov sumsel