Kuliah Ambil Jurusan KesMas Itu Keren Lho, Berikut Universitas di Jawa yang Ada Jurusannya

Kuliah Ambil Jurusan KesMas Itu Keren Lho, Berikut Universitas di Jawa yang Ada Jurusannya

-Web: Transformasi Kesehatan-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Alih-alih Kedokteran, kini jurusan ilmu kesehatan banyak diminati oleh para siswa sekolah yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan.

Ddikarenakan jurusan ilmu kesehatan memiliki prospek kerja yang tinggi, luas dan nyata. 

Tak bisa dipungkiri bahwa isu-isu kesehatan yang kini terus berkembang pesat dan tumbuh dan meluas secara cepat. Sehingga sangat dibutuhkannya para ahli ilmu kesehatan. 

Jurusan ilmu kesehatan tersebut diantaranya terdiri dari Ilmu Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Gizi, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Epidemiologi, Ilmu Keperawatan, Kebidanan, Ilmu Biomediologis dan lainnya.

BACA JUGA : 4 Universitas Negeri yang Ada Jurusan KesMas di Pulau Sumatera ? Yuk Lihat di Sini!

Salah satu ilmu kesehatan yang telah tertera di atas tadi adalah Ilmu Kesehatan Masyarakat. Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah ilmu yang mempelajari tentang upaya pencegahan (preventif) pemeliharaan dan peningkatan (promotif) Kesehatan Masyarakat di lingkungan sekitar untuk tetap menjin produktivitasnya sehingga terciptanya kesejahteraan masyarakat. Walaupun begitu Ilmu Kesehatan Masyarakat tidak bisa lepas dari upaya penyembuhan (kuratif) dan pemulihan (rehabilitatif). 

Lantas di mana sajakah perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan Kesehatan Masyarakat terkhusus di Pulau Jawa?

1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia memiliki jurusan Kesehatan Masyarakat dengan penempatan fakultas berada di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Lokasi FKM (S1) UI berada di Kota Depok, Jawa Barat. Jurusan kesehatan masyarakat di UI telah terakreditasi A semenjak tahun 2014 silam. 

FKM (S1) UI memiliki 4 jurusan yaitu diantaranya, Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Studi Gizi serta Keselamatan dan Kesehatan kerja.

2. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga memiliki jurusan Kesehatan Masyarakat dengan penempatan fakultas berada di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Lokasi FKM (S1) UNAIR berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. Jurusan kesehatan masyarakat di UNAIR telah terakreditasi A. 

FKM (S1) UNAIR memiliki 2 (dua) jurusan yaitu diantaranya, Kesehatan Masyarakat dan Gizi.

3. Universitas Diponegoro

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: