Kuliah Ambil Jurusan KesMas Itu Keren Lho, Berikut Universitas di Jawa yang Ada Jurusannya

Kuliah Ambil Jurusan KesMas Itu Keren Lho, Berikut Universitas di Jawa yang Ada Jurusannya

-Web: Transformasi Kesehatan-

Universitas Diponegoro memiliki jurusan Kesehatan Masyarakat dengan penempatan fakultas berada di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM). Lokasi FKM (S1) UNDIP berada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Jurusan kesehatan masyarakat di UNDIP telah terakreditasi A semenjak tahun 2008 silam. 

FKM (S1) UNDIP hanya memiliki 1 jurusan yaitu, Sarjana Kesehatan Masyarakat dan selebihnya berada pada S2 (Program Magister) dan S3 (Program Doktoral).

4. Universitas Siliwangi

Universitas Siliwangi memiliki jurusan Kesehatan Masyarakat dengan penempatan fakultas berada di Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK). Lokasi FIK (S1) UNSIL berada di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Jurusan kesehatan masyarakat di UNSIL telah terakreditasi B semenjak tahun 2018 silam. 

FIK (S1) UNSIL memiliki 2 jurusan yaitu diantaranya, jurusan Kesehatan Masyarakat dan Gizi.

5. Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang memiliki jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan penempatan fakultas UNNES berada di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Lokasi Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1) UNNES berada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Jurusan kesehatan masyarakat di UNNES terakreditasi A semenjak tanggal 28 Juli 2019 silam. 

FIK (S1) UNNES memiliki 6 jurusan yaitu diantaranya, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan (Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi), Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar serta Ilmu Gizi.

Untuk Ilmu Kesehatan Masyarakat sendiri berkonsentrasi pada bidang Gizi Kesehatana Masyarakat, Promosi Kesehatan, Kesehatan Reproduksi, Kesehatan Lingkungan, Biostatistika dan Informasi Kesehatan.

6. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang memiliki jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat dengan penempatan fakultas UM berada di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Lokasi Prodi Kesehatan Masyarakat (S1) UM berada di Kota Malang, Jawa Timur. Jurusan kesehatan masyarakat di UM terakreditasi B semenjak tahun 2019 silam. 

FIK (S1) UM memiliki 4 jurusan yaitu diantaranya, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan (Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi), serta Ilmu Keolahragaan. 

Untuk Ilmu Kesehatan Masyarakat sendiri berkonsentrasi pada bidang Gizi dan Produktivitas, Analisis Kualitas Lingkungan, Biomedik, Toksikologi Lingkungan, serta Gizi dan Kesehatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: