Mengenal Suku Marga di Sumatera Selatan

Mengenal Suku Marga di Sumatera Selatan

-Instagram @rumelpalembang-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Pernahkah kamu merasa penasaran mengenai asal usul tempat tinggal atau silsilah keluargmu? 

Ternyata Palembang juga punya loh yang namanya marga. Kita tahu bahwa bentangan Sungai Musi di wilayah Palembang mengalir hingga ke anak-anak sungainya. Jaringan budaya yang ada di setiap sungai-sungai ini disebut Batanghari Sembilan.

Batanghari Sembilan merupakan kebudayaan agraris yang lahir selaras dengan kehadiran Sungai Musi dan 8 anak sungai lainnya (Sungai Komering, Sungai Rawas, Sungai Leko atau Batanghari Leko, Lakitan, Kelingi, Lematang, Lahan (Semangus), dan Sungai Ogan).

Budaya Batanghari Sembilan itu kemudian melahirkan banyak suku dan marga. Di Palembang sendiri, marga diartikan sebagai sub pemerintahan di bawah suku. Berbeda dengan marga di Medan yang merupakan suku atau keturunan etnik. 

Supaya lebih mudah memahami, suku disebut juga dengan kabupaten. Subkultur yanglebih kecil dari suku adalah marga yang disebut kecamatan. Kecamatan terdiri dari dusun, begitu juga dusun yang terdiri dari beberapa kampung. Masing-masing dari unit pemerintahan tersebut dipimpin oleh Depati, Pembarap, Kerio, dan Penggawa.

Sebelum dihapusnya sistem marga di Sumatera Selatan pada tahun 1983 menjadi pemerintahan desa. Pada Tahun 1940, tercatat sebanyak 175 marga yang tersebar di Sumatera Selatan, diantaranya sebagai berikut…

1. Suku Palembang-Banyuasin terdiri dari 15 marga

2. Suku Ogan Ilir terdiri dari 19 marga

3. Suku Lematan Ilir terdiri dari 16 marga

4. Suku Musi Ilir-Kubu terdiri dari 17 marga

5. Suku Rawas terdiri dari 8 marga

6. Suku Lematan Ulu terdirid dari 15 marga

7. Suku Pasemah terdiri dari 10 marga

8. Suku Ogan Ulu terdiri dari 12 marga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: