Mengenal 4 Suku Asli di Provinsi Sumatera Selatan, Nomor 4 Disebut Masih Kerabat Suku Batak...

Mengenal 4 Suku Asli di Provinsi Sumatera Selatan, Nomor 4 Disebut Masih Kerabat Suku Batak...

Beberapa orang pria dari Suku Besemah atau Pasemah yang merupakan salah satu Suku Asli di Provinsi Sumatera Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

INDRALAYA, PALPOS.ID - Secara Administratif Provinsi Sumatera Selatan atau Sumsel merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di sebelah Selatan pulau Sumatera.

Sebagaimana dikenal dari zaman pendahulu kita dahulu, Indonesia memiliki banyak suku bangsa, ras, etnis, bahasa, agama, maupun budaya. Begitupun di Provinsi Sumatera Selatan.

Hal ini tertuang dalam semboyan kebangsaan yang berbunyi 'Bhinneka Tunggal Ika', yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Kali ini kita akan membahas bagaimana suku bangsa asli orang Sumatera Selatan yang dikenal dengan wilayah Batang Hari Sembilan.

BACA JUGA:Mengenal Suku Marga di Sumatera Selatan

BACA JUGA:Punya Beragam Suku, Ini 7 Bahasa Daerah di Sumsel. No 5 Jadi Bahasa Pemersatu

Menurut Budayawan Sumsel Iwan Vebri Al-Lintani, wilayah Batang Hari Sembilan merupakan wilayah Negeri Kesultanan Palembang Darussalam.

Dimana, wilayahnya mencakup Provinsi Sumatera Selatan, sebagian Provinsi Lampung, sebagian Provinsi Bengkulu, sebagian Provinsi Jambi, dan Provinsi Bangka Belitung.

Dikatakan Vebri Al-Lintani, Batang hari sembilan bukan saja sebagai sebutan anak sungai yang bermuara ke Sungai Musi, namun juga dipakai sebagai nama suku.

"Didalam batang hari 9 banyak yang menafsirkan adalah jumlah sungai. Sungai Komering, Sungai Ogan, Sungai Lakitan, Sungai Leko, Sungai Rawas, Sungai Kelingi, Sungai Enim dan lainya. Masing-masing nama sungai itu mayoritas adalah nama suku," katanya, Senin 1 Mei 2023.

BACA JUGA:Ini Lho 2 Usulan Daerah Otonomi Baru Pemekaran Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan...

BACA JUGA:Apa Kabar Rencana Pemekaran 2 Kabupaten di Provinsi Bengkulu? Ini Penjelasannya...

Namun secara garis besar, menurut Vebri Al-Lintani suku bangsa di Sumatera selatan terdiri dari 4 suku bangsa antara lain:

1. Suku Besemah atau Pasemah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: