6 Jenis Katuranggan Perkutut Paling Dicari Kung Mania, Harganya Capai Ratusan Juta

6 Jenis Katuranggan Perkutut Paling Dicari Kung Mania,  Harganya Capai Ratusan Juta

--

PALEMBANG, PALPOS.ID - Bagi para penggemar kung mania, sepertinya  wajib tahu ada 6 (enam) jenis burung perkutut yang sangat trending dan tentu banyak dicari. Dimana 6 jenis burung perkutut ini selain memiliki pamor yang luar biasa juga memiliki harga fantastis jika dijual. Bahkan harganya bisa tembus ratusan juta rupiah. Berikut  6 jenis burung perkutut tersebut. 

1. Perkutut katuranggan rondo semoyo

Burung Perkutut katuranggan ini memiliki ciri khusus. Dimana pada bagian selaput kulit, di sekitar matanya yang berwarna kuning terang. Asal-usul burung rondo semoyo ini berasal dari mitos Jawa yang konon katanya jika memiliki burung rondo semoyo dapat memberikan keberuntungan dan keselarasan rezeki.

Namun dari sumber lain mengatakan, Perkutut rondo semoyo ini juga terkenal dengan nama lain rondo tunggu dunyo.Rondo yang berarti janda, tunggu memiliki arti menunggu atau menjaga dan dunyo yang artinya harta atau kekayaan.

Selanjutnya filosofi yang terkandung di dalamnya memiliki makna janda yang menjaga harta kekayaan pemiliknya. Tuah dari burung perkutut ini memberikan pesan kepada sang pemilik agar selalu menjaga hartanya.

2. Perkutut katuranggan Udan Mas

Ciri-ciri burung perkutut ini, bulunya berwarna coklat kekuning kuningan serta  lurik yang melingkar pada setiap warna sayapnya. Sedang warna pada bulu bagian lehernya berwarna kuning keemasan.  Perkutut Udan Mas atau disebut juga perkutut hujan emas ini banyak diburu para kolektor pebisnis serta para pengusaha.Pasalnya, katuranggan perkutut ini dipercaya sebagai pembawa keberuntungan dan pembuka aura rezeki kepada pemiliknya.

Burung perkutut Udan Mas lokal  alam ini sangat sulit untuk ditemukan di pasaran.Karena burung perkutut pembawa keberuntungan ini hanya berasal dari alam liar. 

3. Perkutut Majapahit

Ciri dari burung perkutut Majapahit ini yakni memiliki garis lurik di leher yang menyambung tanpa putus. Selanjutnya garis tersebut sangat terlihat jelas dari kepala sampai ekor. Untuk warna atau ules burung perkutut ini berwarna kehijauan  yang melambangkan keteduhan dan kemakmuran. Selain itu, perkutut memiliki mitos mampu mendatangkan kekayaan dan rezeki bagi pemiliknya.

Dari sumber sejarah burung, perkutut ini merupakan jelmaan darah biru dari seorang pangeran yang bernama Joko Mangu, yang telah menjelma menjadi sosok burung perkutut. Selain bisa mendatangkan rezeki kabarnya tuah perkutut Majapahit mampu mendatangkan aura positif, dengan memberikan kedamaian serta ketenangan hati bagi pemiliknya.

4. Perkutut Katuranggan Banyumili

Burung Perkutut ini memiliki ciri-ciri terdapat belahan di bagian leher yang terus menyambung sampai ke bagian perut dan belahannya tidak terputus. Selanjutnya, pamor perkutut banyu mili ini berhubungan erat dengan rezeki sesuai dengan namanya.bBagi yang memelihara perkutut ini konon katanya rezekinya mengalir terus tanpa berhenti seperti mata air.

Perkutut jenis ini juga diyakini memiliki tuah mendatangkan rezeki. Selain itu Perkutut jenis ini juga diyakini memiliki tuah mendatangkan rezeki. Tak hanya itu, Perkutut ini juga memberikan pesan kepemiliknya untuk belajar hidup seperti air, yang selalu mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.Hal ini memberikan pelajaran kepada manusia agar selalu bersikap rendah hati kepada sesama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: