Turunkan Gula Darah bagi Penderits Diabetes, Konsumsi 5 Jus Ini

Turunkan Gula Darah bagi Penderits Diabetes, Konsumsi 5 Jus Ini

--

PALEMBANG, PALPOS.ID - Kondisi gula darah tinggi sangat berbahaya  bagi kesehatan penderita diabetes. Untuk itulah, harus ada upaya menurunkan gula darah

BACA JUGA:7 Manfaat Bayam Brazil untuk Kesehatan, Bisa Hempaskan Keriput di Wajah Lho….

Pasalnya, kadar gula darah yang tinggi bisa memicu komplikasi diabetes seperti penyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.  

Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk melakukan diet sehat yang seimbang. Dimana diet tersebut bertujuan untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

BACA JUGA:Bahaya Hipertensi, Ini Tips Mencegahnya…. 

Selanjutnya, penderita diabetes disarankan memasukkan aneka sayur dan buah ke dalam menu makanannya.  Perlu dketahui, sayur dan buah mengandung serat dan kaya mineral yang baik untuk kesehatan penderita diabetes.  Beberapa jenis buah memiliki manfaat menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

BACA JUGA:Agar Waspada, Yuk kita Kenali 5 Gejala Kolesterol Tinggi

Sebenarnya, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan secara utuh. Tetapi bila bosan, kamu  bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus tanpa diberi tambahan buah.  Berikut jus yang bisa menurunkan gula darah bagi penderits diabetes : 

1. Jus lemon  

Jus lemon sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Alasannya, jus lemon bisa membantu untuk mengontrol kadar gula darah serta menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain mengonsumsi jus di atas secara rutin, Anda sebaiknya mulai menjalankan gaya hidup sehat yang bisa Pmembantu mengelola gula darah pada penderita diabetes

2. Jus buah naga  

Mengutip dari buku berjudul Khasiat Ampuh Buah Naga dan Delima karya Dani Hendarto, buah naga putih mengandung protein, tinggi serat, karoten, kalsium, zat besi, vitamin B, dan vitamin C.    Kandungan tersebut yang membuat buah naga bermanfaat menyeimbangkan gula darah.  Selain itu, jus buah naga juga bermanfaat melancarkan pencernaan, menyembuhkan rematik dan asam urat, dan menurunkan kadar kolesterol.   

3. Jus nanas  

Mengutip buku Miracle Juices Penumpas Diabetes dan Hipertensi, karya Desty Ervira P,S,Gz,MPH dalam buah nanas terdapat bromelin yang berperan sebagai pencegah komplikasi diabetes.    Melansir dari Healthline, nanas kaya akan serat, mineral, dan rendah gula sehingga bagus dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: