Indonesia Keren, Berhasil Rampungkan Kabel Laut Terpanjang beserta 13 Proyek Kelistrikan di Sumbagsel

Indonesia Keren, Berhasil Rampungkan Kabel Laut Terpanjang beserta 13 Proyek Kelistrikan di Sumbagsel

Petugas PLN tengah melakukan perampunkan kabl laut terpanjang di Indonesia beserta proyek kelistrikan di Sumatera Selatan.--istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID  - Selama tahun 2022 PT PLN (Persero) berhasil merampungkan 13 Proyek Pembangunan Infrastruktur kelistrikan yang tersebar di Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Bangka Belitung. 

Menariknya lagi, 10 proyek diantaranya merupakan pembangunan jaringan transmisi tegangan tinggi dan tegangan ekstra tinggi. Baik berupa saluran kabel udara, saluran kabel bawah tanah dan saluran kabel bawah laut yang terbentang sejauh 217,171 kilometer sirkit. 

Sementara itu pada kapasitas daya terdapat 3 Gardu Induk tegangan tinggi dan tegangan ekstra tinggi yang telah dioperasikan. 

Menyalurkan daya sebesar 370 MVA ke pelanggan dengan realisasi tingkat komponen dalam negeri (TKDN) terhadap seluruh proyek mencapai 71,73%.

BACA JUGA:PT Telkom Buka Loker, Ada 22 Posisi yang Dibutuhkan, Yuk Dibaca Siapa Tahu Kamu Minat

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan, Muhammad Dahlan Djamaluddin saat dihubungi kemarin (17/1/2023) menyatakan bahwa capaian seluruh proyek kelistrikan ini dapat memperkuat keandalan listrik untuk meningkatkan daya saing daerah dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. 

“Nilai daya saing daerah tentunya akan semakin terdongkrak dengan beroperasinya beberapa infrastruktur kelistrikan yang telah dibangun oleh PLN, melalui peningkatan keandalan layanan listrik, daya tarik daerah untuk menggaet investor akan menstimulus tumbuhnya potensi sektor usaha baru.

Ini akan sangat baik untuk meningkatkan perekonomian nasional," ujar Dahlan. 

Lanjutnya, tingginya realisasi TKDN sekaligus menunjukkan komitmen PLN dalam mendorong industri lokal untuk turut mengambil peran pada pembangunan infrastruktur kelistrikan. 

BACA JUGA:Mobil Listrik Dikhawatirkan Membuat Listrik Rumah Tangga Byar Pet, Ini Jawaban GM PLN Wilayah S2JB

Di sisi lain, dalam hal pengamanan aset negara, sepanjang tahun 2022 ini, melalui Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Selatan, PLN bersinergi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) berhasil merampungkan penerbitan sertifikat mencapai 889 persil tanah.

Keberhasilan proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang dikelola oleh PLN tidak lepas dari hasil sinergitas yang baik dengan seluruh stakeholder terkait.

Performa baik dari sisi pelaksanaan teknis, implementasi K3 dan sinergi antara PLN dengan seluruh stakeholder terkait, menjadi kunci utama suksesnya proyek kelistrikan ini. 

“Terima kasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah. Stakeholder Utama dan Pihak Pelaksana Pekerjaan yang telah secara proaktif menjadikan pembangunan infrastruktur kelistrikan ini sebagai pondasi fundamental kesejahteraan masyarakat," ungkap Dahlan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: