Soal Pungutan Biaya Perpisahan Sekolah, Ini Tanggapan Kepala Dinas Pendidikan Palembang

Soal Pungutan Biaya Perpisahan Sekolah, Ini Tanggapan Kepala Dinas Pendidikan Palembang

Ansori, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang-adetia/palpos.id-

BACA JUGA:2 Cara Cek Bansos 2023, Cukup Siapkan KTP, Mudah dan Praktis Lho...

“Tapi kalau orang tua yang ga ikut tetap bayarnya Rp 500 ribu saja, dan ini terkhusus bagi orang tua siswa yang mampu ya dan yang bersedia seperti di dalam surat pernyataan,” lanjutnya.

Ruslan mengungkapkan, jika dalam surat pernyataan dan pemeberitahuan tersebut juga sudah dijelaskan jika itu dikhususkan bagi siswa yang orang tuanya mampu saja.

“Kalau dia tidak mampu ya tidak apa-apa, mereka tetap boleh ikut untuk meramaikan kok. Bukan berarti karena yang tidak mampu ini ga nyumbang lalu dilarang ikut, ga gitu lah karena kan ini hak mereka juga,” ungkapnya.

Jadi sistem yang digunakan dalam masalah uang perpisahan ini adalah subsidi silang, yakni uang Rp 500 ribu tersebut sebagai bentuk menutupi siswa yang tidak sanggup membayar uang perpisahan.

BACA JUGA:Satu Keluarga Dapat Bansos PKH 2023 hingga Rp10 Juta, Begini perinciannya...

“Mereka mendapatkan subsidi dari orang tua yang mampu, dan regulasinya sudah saya keluarkan surat berupa pernyataan.

Dan pemberitahuan kepada orang tua siswa mengenai budget yang kami sampaikan. Dalam arti kata budgetnya lumayan, tapi ini kan karena kemauan siswa dan orang tuanya sendiri,” ujarnya.

Ruslan menambahkan, sebenarnya dari Komite dan Kepsek SMP Negeri 1 sendiri menyarankan untuk di sekolah saja agar lebih hikmat dan tidak banyak memakan biaya.

“Kalau saya sendiri sebagai ketua komite dan juga dari Kepseknya tidak mau yang begitu, pertama karena ini kan mau menghadapi tahun ajaran baru takutnya nanti mereka terbeban lagi,” ucapnya.

BACA JUGA:Truk Trailer ‘Cium’ Jembatan Penyebarangan Orang, Jalanan Macet, Begini Kondisinya...

Kendati demikian, siswa dan orang tua sendiri yang memang kekeuh untuk mengadakan perpisahan di luar sekolah. Namun, mereka harus menanggung sendiri besarnya biaya yang akan dikeluarkan.

“Makanya kita ambil subsidi silang itu tadi, yang mampu saja yang kami kuatkan dan yang tidak mampu ya bebas, semua sudah dikonfirmasi makanya muncul lah budget yang harus dikeluarkan. 

Itu untuk undangan, untuk biaya hotel, dan lain-lain, artinya untuk siswa dan komite begitu,” kata Ruslan.

Diketahui, perpisahan tersebut akan dilakukan di Hotel Arya Duta Palembang yang rencananya akan berlangsung di bulan April mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: