Rakor Disnaker Kabupaten Kota se-Sumsel, Ini Pesan Wamenaker RI...

Rakor Disnaker Kabupaten Kota se-Sumsel, Ini Pesan Wamenaker RI...

Wakil Menteri Tenaga Kerja RI saat diwawancari usai rakor, Selasa 28 Februari 2023.--PALPOS.ID

Palembang, PALPOS.ID – Kunjungan kerja Wakil Menteri Ketenagakerjaan atau Wamenaker RI Afriansyah Noor, ke Rumah Dinas Walikota Palembang, dalam rangka rapat koordinasi Dinas Tenaga Kerja Kabupaten atau Kota se-Sumatera Selatan pada, Selasa 28 Februari 2023.

Dalam hal ini, Afriansyah Noor selaku Wamenaker RI menyampaikan jika mengajak Pemerintah Daerah atau Pemda agar saling berkoordinasi untuk menurunkan angka Tingkat Pengangguran Terbuka atau TPT.

“Jadi koordinasi antar daerah ini memang diperlukan dalam penurunan angka TPT termasuk di Kota Palembang karena angka TPT cukup tinggi, maka  saya meminta pada Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota setempat segera melakukan koordinasi yang baik dan membuka pelatihan bekerjasama dengan dunia usaha dan industri sehingga angka TPT dapat menurun,” ujarnya kepada awak media pada, Selasa 28 Februari 2023.

Afriansyah mengatakan, jika koordinasi tersebut perlu dilakukan guna menyelaraskan program-program Kemenaker dengan Dinas Kabupaten atau Kota agar nantinya dapat bersinergi dengan baik.

BACA JUGA:Waduh, Jumlah Pengangguran di Palembang Tembus 80 Ribu Orang..

“Untuk program-program Kemenaker dalam penurunan angka TPT ini ya dengan cara memberikan pelatihan kepada masyarakat melalui balai latihan kerja atau BLK yang memang sudah tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022 angka TPT Indonesia mencapai 5,86 persen itu menurun jika dibandingkan pada tahun 2021 yakni 6,49 persen.

Selain itu, Afriansyah menyebutkan jika ada program pelatihan berkelompok yakni tenaga kerja mandiri.

“Dimana pada program ini ada sekitar 20 orang yang diberikan pelatihan sesuai keinginan masing-masing daerah, kami memberikan pelatihan yang sesuai mereka inginkan misalkan pelatihan menjahit, membuat kue, otomotif, dan sebagainya.

BACA JUGA:Beri Edukasi Terkait Pencegahan Terorisme Bagi Penerus Bangsa, Ini Penjelasan BNPT...

Pada program ini bukan hanya dapat pelatihan, namun ini diharapkan mereka dapat membuat wirausaha kecil,” ucapnya.

Kendati demikian, untuk yang menjadi program unggulan Kemenaker yakni program BLK karena itu memiliki 12 kejurusan dan tersebar di seluruh Indonesia.

“Program unggulan ya BLK itu sendiri, karena memiliki 12 kejurusan dan itu juga siap bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten atau Kota,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: