Risfidian Mohadi Dikukuhkan Jadi Profesor Unsri, Jawab Permasalahan Pencemaran Lingkungan

Risfidian Mohadi Dikukuhkan Jadi Profesor Unsri, Jawab Permasalahan Pencemaran Lingkungan

Prof. Risfidian Mohadi dikukuhkan jadi guru besar Universitas Sriwijaya Palembang--Foto : Tia

PALEMBANG, PALPOS.ID -  Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang kembali mengukuhkan dua guru besar dari Fakaultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan bidang ilmu teknologi pangan pada Fakultas Pertanian, dalam sidang senat terbuka yang dipimpin Rektor Unsri Prof Anis Saggaff pada, Selasa (16/5/2023).

Dalam hal ini, salah satu yang dikukuhkan yakni Prof Dr.rer.nat.Risfidian Mohadi SSi.MSi (bidang ilmu kimia), Risfidian berhasil meraih gelar Profesor dan menjadi Guru Besar di usia yang masih muda.

"Acara pengukuhan guru besar ini selalu dilaksanakan dan telah menjadi kebanggaan universitas di manapun, pengukuhan guru besar merupakan amanah dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala untuk membangun universitas lebih maju lagi di masa mendatang," ujar Rektor Unsri Anis Saggaf.

BACA JUGA:Tadika Puri Harap Oxygen Terus Pertahankan Kecepatan Internet

Lebih lanjut, Rektor Unsri Prof.Anis Saggaff seusai acara pengukuhan tersebut menyebutkan bahwa dengan bertambahnya dua guru besar itu hingga Mei 2023 ini guru besar di Unsri menjadi 145 orang, sedangkan yang aktif 75 guru besar.

“Guru besar adalah suatu posisi pendidikan yang tertinggi, dimana untuk mendapatkan gelar guru besar tidaklah mudah dengan banyak syarat, yang setiap tahun oleh Kemendikbudristek ditingkatkan persyaratannya,” lanjutnya.

Ia menuturkan, semua calon guru besar tidak begitu saja mendapatkannya karena melalui tahapan-tahapan mulai dari seleksi, reputasi, penulisan, kejujuran, tempat penulisan tidak ada yang palsu, tidak ada plagiarisme, tahapan itu harus lolos semua, baru mereka diterima oleh kementerian.

BACA JUGA:Balai Bahasa Sumatera Selatan Gelar Taklimat Revitalisasi Bahasa Daerah, Ternyata Ini Tujuannya...

“Oleh karena itu, bagi dosen Unsri yang sudah siap untuk guru besar, maka segera usulkan ke Kemendikbudristek,” tuturnya.

Rektor Anis Saggaff mengatakan semakin banyak guru besar maka potensi Unsri untuk menjadi perguruan tinggi berkelas dunia semakin menuju kenyataan.

Sementara itu, Risfidian Mohadi saat pengukuhan menyampaikan orasinya yang berjudul ‘Peran Material Hibrida Anorganik Polimer Nonokomposit Dalam Menjawab Tantangan Permasalahan Pembangunan dan Pencemaran Lingkungan’.

BACA JUGA:Kota Palembang Terbanyak Dapat Dana BOS SD RP55.8 Miliar, Pagaralam Dapat Rp5.4 Miliar, Ini Penjelasannya...

“Pada kesempatan yang baik ini saya mengucapkan syukur atas berkat, rahmat, dan hidayah serta kenikmatan berlimpah yang diberikan Allah SWT kepada saya dan keluarga besar, karena atas ridho-Nya saya bisa menyampaikan orasi ilmiah pengukuhan Guru Besar ini,” ujarnya.

Risfidan menjelaskan jika dapat memperoleh amanah sebagai Guru Besar di Unsri tentu tidak lepas dari bimbingan para guru dan juga dosen-dosen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: