Pemekaran Bogor Barat Provinsi Jawa Barat, Ada 14 Kecamatan yang Tergabung, Disini Ibu Kotanya..

Pemekaran Bogor Barat Provinsi Jawa Barat, Ada 14 Kecamatan yang Tergabung, Disini Ibu Kotanya..

Kota Hujan Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat Puncaki Daftar Penduduk Terbanyak di Indonesia.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BOGOR, PALPOS.ID- Pemekaran wilayah di Kabupaten BOGOR, Provinsi Jawa Barat saat ini terus bergulir. Salah satunya, pemekaran BOGOR Barat.

Untuk Kabupaten Bogor Barat ini, terdiri dari 14 Kecamatan. Dan yang menjadi lokasi ibu kota daerah berada di Kecamatan Cigudeg.

Beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah menandatangani surat persetujuan antara pemerintah provinsi Jabar dan DPRD Jabar mengenai daerah persiapan otonom baru.

BACA JUGA:BOGOR MEMANG MENGGODA! Ini 6 Fakta Unik ‘Kota Hujan’ Bogor, Jawa Barat

BACA JUGA:Sejarah Cibinong, dari Gabungan 9 Kelompok Diusulkan Jadi Kabupaten Induk pada Pemekaran Bogor

Selain Kabupaten Bogor Barat, ada dua daerah lagi yang diusulkan yakni Kabupaten Sukabumi Utara dan Kabupaten Garut Selatan.

“Dalam pasal 33 UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, pembentukan daerah persiapan harus memenuhi persyaratan dasar dan persyaratan administratif.

Persyaratan dasar terdiri dari persyaratan dasar kewilayahan dan persyaratan dasar kapasitas daerah. Jika kedua persyaratan tersebut telah dipenuhi, maka pembentukan daerah persiapan dapat diusulkan kepada pemerintah pusat, DPR RI atau DPD RI,” jelas Kang Emil.

 BACA JUGA:Pemekaran ‘Kota Hujan’ Bogor Ada 5 DOB, Satu Kabupaten Bisa Ganti Nama

BACA JUGA:3 Rumah Mewah Artis di ‘Kota Hujan’ Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, Ini Penampakannya...

Saat ini, Kabupaten Sukabumi Utara, Kabupaten Garut Selatan, dan Kabupaten Bogor Barat dinilai sebagai daerah yang paling siap. 

“Atas usulan pemerintah daerah induk, terdapat tiga yang paling siap, yaitu Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Garut, yang telah dilengkapi persyaratan dasar kewilayahan dan persyaratan administrasi,” katanya. 

Adapun Kabupaten Sukabumi Utara terdiri dari 21 kecamatan, dan pusat pemerintahan terletak di Kecamatan Cibadak.

BACA JUGA:Bapak-Bapak dan Emak-Emak, Warga 4 RT di Tegal Binangun Tolak Masuk Banyuasin, Ini Tuntutannya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube @pesona rumpin