70 Persen Petani di OKU Kini Miliki Kartu Tani

70 Persen Petani di OKU Kini Miliki Kartu Tani

Petugas dari Dinas Pertanian OKU saat mendistribusikan kartu tani-Foto:Eco-Palpos.Id

BATURAJA, PALPOS.ID - Dari 10.740 PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/512/petani">petani di Kabupaten PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/53911/oku">OKU yang terdaftar di PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/192485/rdkk">RDKK, sebanyak 6.082 orang diantaranya sudah mengantongi kartu tani yang didistribusikan sejak awal tahun lalu.

"Artinya, ada sekitar 70 persen PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/512/petani">petani di PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/53911/oku">OKU yang terdaftar di PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/192485/rdkk">RDKK yang telah mengantongi kartu tani," tegas Kasi Pupuk dan Pestisida di Dinas Pertanian Kabupaten PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/53911/oku">OKU, Syahroni, Jumat (9/6).

Syahroni menjelaskan, pihaknya sendiri saat ini telah memberdayakan PALPOS.PALPOS.disway.id/listtag/37205/disway">disway.id/listtag/512/petani">petani di daerah itu agar memanfaatkan kartu tani untuk membeli pupuk bersubsidi di kios pengecer dengan harga terjangkau. "Hal ini kita lakukan agar penyaluran pupuk bersubsidi dari pemerintah bisa tepat sasaran," tegasnya.

BACA JUGA:Kasus Perceraian di OKU Cukup Tinggi, Ini Pemicunya

Sedangkan, untuk petani yang belum mengantongi kartu tani sementara waktu dapat melakukan pembelian pupuk bersubsidi dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Adapun cara menggunakan kartu tani yaitu dengan datang ke kios resmi yang telah dilengkapi mesin EDC lalu kartu digesekkan ke alat tersebut untuk mendapatkan pupuk subsidi yang diinginkan sesuai kuota yang telah diisi.

"Insya Allah seluruh petani di OKU sudah mengerti cara menggunakan kartu tani karena sudah kami ajarkan pada saat pendistribusian kartu," ujarnya.

BACA JUGA: Pj Bupati Apriyadi Dapat Instruksi Mendagri, Berikut Intruksinya

Hanya saja, lanjut dia, mengacu pada aturan pemerintah tahun ini penebusan pupuk bersubsidi hanya untuk sembilan komoditi pertanian antara lain bawang merah, jagung, cabai, bawang putih dan kacang kedelai.

Artinya pupuk subsidi yang akan ditebus menggunakan kartu tani tidak lagi diperuntukkan untuk petani karet dan sawit, namun khusus sembilan komoditi pertanian itu saja.

Untuk Kabupaten OKU sendiri hanya enam komoditi pertanian yang diizinkan menebus pupuk bersubsidi yaitu padi, jagung, kedelai, kopi, cabai dan bawang merah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: