14 Kecamatan Gabung Daerah Otonomi Baru Kabupaten Cianjur Selatan Pemekaran Kabupaten Cianjur Provinsi Jabar

14 Kecamatan Gabung Daerah Otonomi Baru Kabupaten Cianjur Selatan Pemekaran Kabupaten Cianjur Provinsi Jabar

Rencana bentuk kabupaten daerah otonomi baru Kabupaten Cianjur Selatan pemekaran Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, dan 14 kecamatan menyatakan siap bergabung dengan Kabupaten Cianjur Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:5 Kabupaten Penduduk Terbanyak Didominasi Provinsi Jawa Barat, ‘Kota Hujan’ Kabupaten Bogor Nomor Berapa?

Sehingga harus ada pemecahan atau pemekaran wilayah untuk mengatasinya,” sambung Herman Suherman.

Selain itu, secara geografis, Calon Kabupaten Cianjur Selatan nantinya juga memiliki sumber daya alam atau SDA yang melimpah.

Kemudian ada juga sektor pariwisata berupa alam dan pemandangan yang luar biasa. Termasuk ada pantai sepanjang 75 kilometer.

‘’Makanya jika sudah jadi Kabupaten sendiri, Cianjur Selatan akan bisa mandiri. Dan semoga pembangunan bisa merata dan cepat,” tambah Herman Suherman.

BACA JUGA:Wow Banyak Pemilik Kendaraan Tak Bayar Pajak di ‘Kota Hujan’ Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat

BACA JUGA:Usul Kabupaten DOB Bogor Timur Pemekaran Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, Kecamatan Jonggol Turun Kasta...

Diberitakan Palpos.id sebelumnya, Provinsi Jawa Barat siapkan pembentukan 17 kabupaten/kota daerah otonomi baru atau DOB.

Diantaranya yakni 3 DOB pemekaran Kabupaten Bogor, 2 DOB pemekaran Kabupaten Sukabumi, dan 2 DOB pemekaran Kabupaten Cianjur, serta 2 DOB pemekaran Kabupaten Garut.

Diketahui, kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat atau Jabar memang layak untuk pemekaran daerah otonomi baru.

Pasalnya, Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah paling padat penduduknya, yakni mencapai 50 juta jiwa lebih. Atau hampir 20 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

BACA JUGA:2 Kecamatan Rebutan Jadi Ibukota Kabupaten Bogor Barat Pemekaran Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat

BACA JUGA:Ternyata Ini 5 Kecamatan Termaju di ‘Kota Hujan’ Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat, Ada Objek Wisata Ini...

Kemudian, Provinsi Jawa Barat saat ini memiliki 27 kabupaten/kota, terdiri dari 18 kabupaten dan 9 kota, dengan luas wilayah 35.3 ribu kilometer persegi.

Dari 17 kabupaten/kota yang diusulkan sebagai daerah otonomi baru itu merupakan pemekaran dari 12 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: