Diguyur Hujan Deras, Puluhan Rumah di Gunung Ibul Terendam Banjir

Diguyur Hujan Deras, Puluhan Rumah di Gunung Ibul Terendam Banjir

Lurah Gunung Ibul saat meninjau salah satu rumah warga yang terdampak banjir.--

PRABUMULIH,PALPOS.ID - Puluhan rumah di RT 01 RW 01 Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih, terdampak banjir akibat hujan deras yang mengguyur Kota Prabumulih pada Senin (19/6) sejak pukul 02.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB.

Lurah Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur, Fitriyadi SH mengatakan total rumah yang terendam banjir di wilayah yang dipimpinnya tersebut sebanyak 41 rumah.

“Setelah mendapat laporan ada rumah warga yang terendam banjir, kami dari kelurahan langsung melakukan kunjungan dengan mendatangi warga yang terdampak,” ungkapnya.

BACA JUGA:Diisukan akan Berpasangan, Ini Tanggapan Ridho Yahya - Heri Amalindo

Dari hasil kunjungan tersebut kata Fitriyadi, rumah-rumah yang terdampak banjir tersebut berada di Gang Sawo RT 01 RW O1.

“Dari hasil pantauan kami, banjir tersebut disebabkan naiknya debit air karena curah hujan yang cukup tinggi dan berlangsung cukup lama, akibatnya parit yang ada tidak dapat menampung air,” ujarnya.

Mantan Kabag Hukum Setda Kota Prabumulih ini menuturkan, banjir yang melanda puluhan rumah warga tersebut tidak berlangsung lama.

BACA JUGA:Target September 2024 Selesai, Perbaikan Jalan Lingkar Baru Selesai 1,5 KM

“Saat ini air sudah surut, warga sudah dapat membersihkan bekas rendaman air,” imbuhnya.

Lebih lanjut Fitriyadi menuturkan, pihaknya telah mengimbau kepada warga agar selalu menjaga kebersihan parit atau drainase agar tidak lagi terjadi banjir.

“Kita juga akan mengusulkan kepada OPD terkait, agar dibangunkan drainase yang lebih besar,” katanya.

BACA JUGA:Plt Bupati Muara Enim Terima Kunjungan Tim VLK KLA 2023 Kemen PPPA RI

Sementara, Heri salah satu warga RT 01 RW 01 Kelurahan Gunung Ibul yang terdampak banjir menuturkan dirinya baru sadar rumahnya digenangi bannir sekitar pukul 03.00 WIB.

“Deras nian hujannya, pas tebangun jam 3 pagi rumah sudah banjir,” ucapnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: