5 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat di Indonesia, Sampai Buat Manusia Purba di Afrika Selatan Nyaris Punah

5 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat di Indonesia, Sampai Buat Manusia Purba di Afrika Selatan Nyaris Punah

Ilustrasi Gunung Krakatau meletus.--Grid.id

PALEMBANG, PALPOS.ID - Indonesia memiliki sekitar 127 gunung berapi aktif, dengan karakterristik yag berbeda, begitu juga saat mengalami letusan. 

Dari letusan yang terjadi, beberapa diantaranya memberikan dampak yang luar biasa. Selain banyak menimbulkan korban jiwa, letusan gunung berapi itu juga mempengaruhi kehidupan. 

Ada beberapa gunung berapi di Indonesia yang memili letusan paling dahsyat. Berikut gunung berapi paling dahsyat di Indonesia. 

BACA JUGA:9 Tumbuhan Langka Dari Papua, Ada Juga Yang Bisa Dijadikan Bahan Bakar

1. Gunung Tambora

Gunung Tambora merupakan gunung berapi yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gunung ini terbentuk akibat adanya zona subduksi aktif pada bagian bawahnya. 

Menurut sejarah, Gunumg Tambora memiliki tinggi 4.300 meter dari atas permukaan laut, dan menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Indonesia

Pada tahun 1815, Gunung Tambora meletus, dengan letusan yang sangat dahsyat , besarnya letusan mencapai skala 7  (VEI).

Bahkan surata letusannya terdengar hingga ke Pulau Sumatera yang  berjarak lebih dari 2 ribu kilo meter ke barat.  Letusan tersebut juga mengeluarkan abu vulkanik yang terbawa hingga ke Kalimantan, Jawa, Maluku  dan Sulawesi. 

Letusan Gunung Tambora juga memicu terjadinya tsunami serta menewaskan lebih dari 10 ribu jiwa. Beberapa bulan berikutnya, letusan Gunung Tambora sangat berdampak pada iklim dunia.

Suhu planet bumi mengalami penurunan antara 3-4 derajat celcius. Negara-negara di Benua Eropa mengalami tahun tanpa musim panas, dan menyebabkan terjadinya badai salju. 

Hal itu disebabkan karena atmosfer bumi tertutup oleh abu vulkanik dari Gunung Tambora.

Menurut perkiraan, ada sekitar 71 ribu korban jiwa dengan 11 ribu sampai 12 ribu  diantaranya adalah korban langsung dari letusan gunung.

BACA JUGA:Healing ke Cipanas Jawa Barat Sambil Metik Strawberry di Sweetberry Agrowisata Yuk! Rasanya Manis Seger...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ilmugeografi.com