Tokoh Masyarakat Dukung Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Bentuk Provinsi Sumatera Tenggara

Tokoh Masyarakat Dukung Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Bentuk Provinsi Sumatera Tenggara

Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Utara, HIMNI Dukung Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Bahkan, sudah ada kajian dari Pusat Penelitian Universitas Medan terkait usulan provinsi baru Provinsi Sumatera Timur tersebut.

BACA JUGA:3 Restoran Favorit di Kota Malang Calon Ibukota Provinsi Malang Raya Pemekaran Provinsi Jawa Timur

BACA JUGA:5 Kecamatan Paling Luas di Kota Malang Calon Ibukota Provinsi Malang Raya Pemekaran Provinsi Jawa Timur...

‘’Semua persyaratan pembentukan Provinsi Sumatera Timur sudah dilengkapi dan diserahkan ke Pemerintah Pusat,” tegas Muskim Simbolon kepada wartawan beberapa waktu yang lalu.

Bahkan, kata Muskim Simbolon, hasil studi dari 35 indikator dipersyaratkan, maka Provinsi Sumatera Timur peroleh hasil poin 452 yang artinya sangat direkomendasikan.

"Provinsi Induk skornya 486 poin yang artinya dengan pemekaran tersebut tidak akan memiskinkan provinsi induk," kata Muskim Simbolon.

Diberitakan Palpos.id sebelumnya, usulan daerah otonomi baru atau DOB terus berkembang hampir terjadi disetiap provinsi.

BACA JUGA:Tiga Syarat Pembentukan Calon Provinsi Baru Pemekaran Provinsi Aceh, Ini Penjelasan Pihak Kemendagri...

BACA JUGA:Usulan Provinsi Pulau Sumbawa Pemekaran Provinsi Nusa Tenggara Barat Jadi Prioritas DPD RI

Bahkan usulan daerah otonomi baru itu bukan hanya untuk pembentukan kabupaten baru, namun ada juga pembentukan provinsi baru.

Diantaranya bakal ada 3 provinsi baru pemekaran Provinsi Sumatera Utara atau Sumut. 

Hal itu hampir sama dengan Provinsi Sumatera Selatan atau Sumsel, yang usulkan pembentukan Provinsi Sumselbar atau Sumatera Selatan Barat.

Sementara itu, untuk 3 usulan provinsi baru pemekaran Provinsi Sumatera Utara itu, yakni Provinsi Kepulauan Nias, Provinsi Tapanuli dan Provinsi Sumatera Tenggara atau Sumtra. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: