Ternyata Mobil Dibawah 2000 CC Hanya Menggunakan 3 Silinder, Simak Penjelasannya...

Ternyata Mobil Dibawah 2000 CC Hanya Menggunakan 3 Silinder, Simak Penjelasannya...

Mobil kelas city cars jaman sekarang rata-rata menggunakan mesin 3 silinder. -Foto: toyota.astra.co.id-

PALEMBANG, PALPOS.ID - Sering yang jadi pertanyaan banyak orang mengapa kapasitas mesin mobil sekarang memakai mesin 3 silinder bukan mesin 4 silinder khusus nya mobil ber cc kecil ?

Mobil yang ber cc 2000 kebawah sekarang ini kebanyakan memakai mesin 3 silinder bukan 4 silinder.

Hal tersebut oleh pabrikan mobil memakai mesin 3 silinder karena irit bahan bakar dan cocok untuk daerah perkotaan yang rawan macet, rata-rata cc mobil bermesin 3 silinder  ber cc 1.000 sampa 1.200 cc.

BACA JUGA:Lagi, Tempat Penyulingan Ilegal di Muba Terbakar

Lantas apakah mesin 3 silinder mempunyai tenaga yang mumpuni selain irit minum BBM ?

Jawabannya tentu jika mesin 3 silinder di kawinkan dengan turbo charged jelas tenaganya bisa melebihi mesin 4 silinder.

Tetapi kembali ke kebutuhan masyatakat perkotaan, mesin 3 silinder bisa di andalkan dalam menghadapi kemacetan lagi pula kecepatan maksimal dalam kota hanya butuh 40-80 km/jam itu pun jika tidak terjadi kemacetan arus lalu-lintas.

BACA JUGA:Calon Provinsi Toba Raya dan Provinsi Tapanuli Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Rebutan Wilayah

Maka dari itu biasanya mobil bermesin 3 silinder sering di pakai pada mobil berdimensi kecil atau sering di sebut City Cars atau kalau di Jepang disebut Kei Cars.

Namun ada juga mobil klas mpv atau suv berbodi sedang memakai mesin 3 silinder.

Apakah mesin 3 silinder rawan rusak ? Tentu tidak pabrikan mobil sudah memperhitungkan kekuatan mesin 3 silinder seperti penambahan balancer shaft untuk menghilangkan getaran pada mesin 3 silinder, penambahan eksternal damper yang terbukti meredam tingkat kebisingan dan meredam getaran mesin.

BACA JUGA:Rekap Japan Open 2023: The Daddies Kalah Fisik, Jojo dan Jorji Gemilang, Tiga Wakil Indonesia ke Semifinal

Namun ada pula pabrikan mobil menanamkan pulley khusus pada bagian depan mesin dan flexible flywheel pada bagian belakang mesin.

Namun untuk mesin 3 silinder jaman sekarang rata-rata mengkonsumsi BBM beroktan 92 atau Pertamax hal tersebut di karenakan mesin 3 silinder jaman sekarang mempunyai kompresi yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: