Usulan Provinsi Baru Pemekaran Gabungan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu, Ini Namanya...

Usulan Provinsi Baru Pemekaran Gabungan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu, Ini Namanya...

Wacana Pemekaran Provinsi di Sumatera Selatan: Potret Kompleksitas dan Potensi Palapa Selatan.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID – Meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat, namun sejumlah daerah wacanakan pemekaran wilayah atau pemekaran daerah.

Salahsatunya ada usulan provinsi baru pemekaran gabungan Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu. Adapun nama provinsi DOB itu yakni Provinsi Palapa Selatan.

Setidaknya ada 1 kota dan 5 kabupaten siap bergabung membentuk Provinsi daerah otonomi baru Provinsi Palapa Selatan tersebut. Alasannya karena satu keturunan yakni keturunan suku Besemah.

Adapun 1 Kota dan 5 kabupaten dimaksud, yaitu Kota Pagaralam, Kabupaten Lahat, Kabupaten Empat Lawang, ketiganya masuk wilayah Provinsi Sumatera Selatan atau Sumsel.

BACA JUGA:10 Provinsi Dengan Wilayah Paling Luas di Indonesia, Apakah Provinsi Sumatera Selatan Termasuk?

BACA JUGA:Waduh! Karyawan PDAM Tirta Agung Kabupaten OKI Provinsi Sumatera Selatan 11 Bulan Tak Gajian

Sementara tiga kabupaten lagi merupakan wilayah selatan dari Provinsi Bengkulu. Yakni Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur, dan Kabupaten Seluma.

Calon Provinsi Palapa Selatan disebut-sebut sangat memenuhi syarat, termasuk mengenai syarat transportasi darat, transportasi laut, maupun transportasi udara.

Terakhir, dari sisi topografi atau kewilayahan juga sangat dekat. Sebab, diantara beberapa wilayah itu tak ada jarak, meskipun saat ini sudah masuk wilayah provinsi yang berbeda.

Dan yang terpenting, jika Provinsi Palapa Selatan terwujud, maka mimpi pembentukan Provinsi Sumselbar tentu akan tertunda. 

BACA JUGA:Usulan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Musi Ilir Pemekaran Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan

BACA JUGA:Profil 6 Kecamatan di Kabupaten Muba Timur Pemekaran Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan

Sebab beberapa daerah sebelumnya tergabung dalam calon Provinsi Sumselbar, kini akan bergabung dengan Provinsi Palapa Selatan tersebut.

Salah seorang anggota DPRD Lahat Nopran Marjani mengaku sangat mendukung pembentukan Provinsi Palapa Selatan, meskipun dirinya juga merupakan salah satu penggagas Provinsi Sumselbar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: