Provinsi Puncak Andalas Bakal Jadi Jenewa Asia hingga Lembah Kerinci Diciptakan Milik Dunia

Provinsi Puncak Andalas Bakal Jadi Jenewa Asia hingga Lembah Kerinci Diciptakan Milik Dunia

Provinsi Puncak Andalas Bakal Jadi Jenewa Asia hingga Lembah Kerinci Diciptakan Milik Dunia.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Kemudian, Kabupaten Pesisir Selatan atau Pessel, dan Kabupaten Solok Selatan, semuanya dari daerah Provinsi Sumatera Barat.

Serta Kabupaten Muko-muko Provinsi Bengkulu. Selain itu, bakal ada tambahan dua kabupaten Daerah Otonomi Baru atau DOB.

BACA JUGA:Kabupaten OKU Bakal Calon Ibukota Provinsi OKE Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan

BACA JUGA:UPDATE TERBARU! Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan Usulkan 4 Provinsi Daerah Otonomi Baru

Kedua kabupaten DOB ini yaitu Kabupaten Kerinci Hilir pemekaran Kabupaten Kerinci, serta Kabupaten Renah Indojati pemekaran Kabupaten Pesisir Selatan.

Sementara rencana ibukota Provinsi Puncak Andalas sendiri berada di Kota Sungai Penuh yang bakal memisahkan diri dari Provinsi Jambi.

Disisi lain, pembentukan provinsi baru ini juga merupakan aspirasi warga dan tokoh masyarakat dari ketiga provinsi tersebut, dikarenakan jarak tempuh yang jauh menuju ibukota provinsi saat ini.

Diketahui salahsatu penggagas Provinsi Puncak Andalas ini yaitu Marzuki Usman, sang mantan Menteri Pariwisata era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

BACA JUGA:Ada Lagi Usulan Pembentukan Provinsi OKE Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan, Bagaimana Progresnya?

BACA JUGA:Ini Batas Wilayah Kabupaten Cirebon Calon Ibukota Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat

Menurut Marzuki Usman, dirinya yakin Provinsi Puncak Andalas akan terwujud, karena merupakan impian dari masyatakat dari daerah yang tergabung.

‘’Masyarakat menginginkan sebuah perubahan. Artinya semuanya demi kepentingan masyarakat menuju kemakmuran dan kejayaan,” tegas Marzuki Usman beberapa tahun yang lalu.

Setidaknya sudah ada beberapa daerah siap bergabung. Diantaranya Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Muko-muko dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Bahkan, tambah Marzuki Usman, dirinya bersama para penggagas Provinsi Puncak Andalas pernah komunikasi dengan tokoh masyarakat, walikota dan bupati terkait provinsi baru ini.

BACA JUGA:Disini Calon Ibukota Provinsi Palapa Selatan Pemekaran Gabungan Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: