Tidak Hanya Sebatas Hiasan, Bunga Mawar Ternyata Miliki Manfaat Untuk Kesehatan Kulit dan Cegah Penuan Dini

Tidak Hanya Sebatas Hiasan, Bunga Mawar Ternyata Miliki Manfaat Untuk Kesehatan Kulit dan Cegah Penuan Dini

Mawar bukan sekedar bunga hias, tapi banyak manfaat untuk kesehatan. -Foto: Yati-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Mawar atau bahasa ilmiahnya Rosa atau dikenal juga dengan nama Ros merupakan tumbuhan jenis perdu. Pohon mawar memiliki duri, dan daun berwarna hijau dan pinggirannya berigi dengan aneka warna bunga.

Namun yang paling gampang ditemui mawar warna merah, mawar warna putih, mawar merah muda atau pink, ada juga mawar warna marun. 

Bunga mawar memiliki aroma wangi yang menenangkan. Karena itu tak heran jika mawar banyak digunakan sebagai aromaterapi. 

BACA JUGA:5 Kecamatan Terluas Kabupaten Dharmasraya Calon Ibukota Provinsi Sumatera Tengah Pemekaran Gabungan 3 Provinsi

Berdasarkan sejumlah referensi yang dikumpulkan palpos.id seperti yang dilansir platform media online, sedikitnya ada 150 jenis/varian bunga mawar di dunia ini. Setiap varian memiliki aroma yang berbeda-beda. 

Nah mungkin banyak juga yang belum tahu jika kelompok bunga mawar bisa dikonsumsi loh. Karena ternyata kelopak bunga mawar mengandung antioksidan, antibakteri, anti i flamasi, vitamin C dan vitamin E. 

Kandungan bunga mawar itu ternyata membuat bunga mawar dimanfaatkan tidak hanya sebatas untuk kosmetik. Namun ada juga yang memanfaatkan bunga mawar untuk menjaga vitalitas tubuh, menjaga berat badan ideal dan beberapa manfaat lainnya. 

BACA JUGA:7 Fakta Unik Ogan Ilir, Salah Satu Kabupaten Termiskin di Sumatera Selatan, Nomor 4 Gak Nyangka Banget

Penasaran kan bagaimana cara mengonsumsi bunga mawar. Bunga mawar yang bisa dikonsumsi hanya bagian kelopak bunga, tidak dengan daun apalagi batangnya yang berduri ya. 

Ada banyak cara yang digunakan untuk mengkonsumsi bunga mawar. Bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi campuran salad sayur, atau dijadikan air infus. 

Namun untuk mendapatkan manfaat dari kandungan bunga mawar tersebut, kamu harus memilih bunga mawar yang baik yakni mawar yang memiliki aroma wangi yang menyenangkan dan menenangkan. 

BACA JUGA:Kabupaten Dharmasraya Calon Ibukota Provinsi Sumatera Tengah Pemekaran Gabungan 3 Provinsi

Kamu juga penasaran kan kenapa bunga mawar banyak digunakan untuk bahan kosmetik.  Karena zat-zat yang terdapat dalam bunga mawar sangat baik untuk kesehatan kulit diantaranya :  

1. Mengobati jerawat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: