10 Fakta Unik Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis yang Jarang Diketahui Orang

10 Fakta Unik Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis yang Jarang Diketahui Orang

Di balik serunya lapangan dan pukulan hebat, ada fakta-fakta menarik yang jarang kita ketahui tentang dunia bulu tangkis.-Foto: palpos.id-

PALPOS.ID - Di balik sorotan medan pertandingan dan aksi spektakuler atlet bulu tangkis di Kejuaraan Dunia, ada fakta-fakta tersembunyi dan unik yang jarang diketahui banyak orang. 

Olahraga ini yang melibatkan para pemain terbaik dari seluruh dunia ternyata menyimpan cerita-cerita menarik yang akan memperkaya wawasan penggemar bulu tangkis.

Berikut ini fakta-fakta unik kejuaraan bulu tangkis yang perlu kita ketahui :

BACA JUGA:Hasil Australian Open 2023: FajRi Tumbang, Wakil Indonesia Habis

1. Asal-usul Nama Bulu Tangkis

Nama bulu tangkis ternyata berasal dari kata "battledore and shuttlecock", permainan tradisional yang dimainkan dengan memukul bulu-bulu yang dipasangkan pada biji shuttlecock (kok) menggunakan battledore, sebuah alat mirip raket. 

Kata "battledore" sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti "raket". Seiring waktu, permainan ini berkembang menjadi olahraga bulu tangkis yang kita kenal sekarang.

2. Kok Berbulu

Seiring dengan namanya, shuttlecock atau kok memiliki rambut-rambut halus yang terbuat dari bulu itik atau bulu angsa. Pilihan menggunakan bulu asli ini untuk menghasilkan gerakan yang lebih lambat dan kontrol yang lebih baik dalam permainan. 

BACA JUGA:Rekap Hasil Australian Open 2023: Berguguran Bak Daun Kering, Indonesia Hanya Menyisakan 4 Wakil, Jojo Keok

Meskipun saat ini ada shuttlecock buatan dengan bulu sintetis, tetapi masih banyak turnamen resmi yang mengharuskan penggunaan shuttlecock dengan bulu asli.

3. Usia Tertua Juara

Pada Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2009, Lin Dan dari China berhasil meraih gelar juara tunggal putra pada usia 26 tahun. 

Ini menjadikannya sebagai pemain tertua yang berhasil meraih gelar juara tunggal putra dalam sejarah Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: