Kepala ANRI Apresiasi Penerapan Aplikasi Srikandi di Muba Sampai ke Level Desa

 Kepala ANRI Apresiasi Penerapan Aplikasi Srikandi di Muba Sampai ke Level Desa

Kepala ANRI Apresiasi penerapan aplikasi Srikandi di Muba sampai ke level desa.--

"Tujuannya adalah dapat memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online secara integrasi serta terekam pada pusat data nasional," ucapnya.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel Bersama ILO Berkolaborasi Dalam Percepatan Perwujudan Transisi Energi Berkeadilan

Dengan adanya aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi ini mampu meningkatkan pemahaman kapasitas dan keterampilan aparatur sipil negara pada sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Melalui kearsipan berbasis digital dapat terekam dengan baik sehingga nantinya akan menjadi akuntabilitas dan memori kolektif bangsa dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik. 

"Sistem ini memiliki banyak manfaat karena sudah tidak lagi menggunakan kertas (paperless), tanda tangan sudah menggunakan elektronik, bisa diakses secara online, pemanfaatan aplikasi ini meningkatkan indeks kearsipan di masing-masing instansi," ungkapnya.

BACA JUGA:Indonesia - Korea Selatan Jalin Kerjasama Bilateral Tanggulangi Karhutla

Lanjut Sunaryo, Aplikasi Srikandi dinilai oleh Arsip Nasional sebagai implementasi dari pengawasan kearsipan eksternal di masing - masing pemerintah daerah.

Sehingga, dengan dilaksanakan sistem ini akan meningkatkan nilai SPBE. Aplikasi Srikandi memilki beberapa fitur utama diantaranya, fitur penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, pengiriman dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar instansi pemerintah, fitur pemeliharaan arsip untuk menjaga tetap autentik, utuh dan terpercaya.

Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip.

"Jika sudah dilaksanakan, maka sudah memakai elektronik (paperless), kami berharap dukungan dari seluruh aparatur di Pemkab Muba dan seluruh Pemerintah Desa di Kabupaten Muba untuk turut mengimplementasikan aplikasi Srikandi ini di perangkat daerah masing-masing dan kami berharap dengan Kolaborasi Bersama Dinkominfo dan Dinas PMD Muba Kedepanya seluruh Desa dan Kelurahan yang ada di kabupaten Muba secara keseluruhan dapat menerapkan Aplikasi ini sesuai kebutuhan dan percepatan layanan administrasi ke masyarakatnya," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: