7 Calon Provinsi Baru di Indonesia, Potensi Pertanian Calon Provinsi Kepulauan Nias

7 Calon Provinsi Baru di Indonesia, Potensi Pertanian Calon Provinsi Kepulauan Nias

Potret Pemekaran Sumatera Utara: Proses Pembentukan Provinsi Kepulauan Nias Terhambat Moratorium DOB.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Wilayah Tapanuli di Sumatera Utara berhasil mendapatkan posisi pertama dalam daftar calon provinsi baru yang memenuhi syarat PP 78 Tahun 2007.

Pemekaran ini akan melibatkan sejumlah kabupaten dan kota seperti Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Samosir, dan Kota Sibolga.

Ibukota Provinsi Tapanuli direncanakan akan berada di Kecamatan Siborongborong atau Kota Sibolga.

Wilayah ini memiliki potensi alam yang kaya, terutama dalam sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan.

Pertanian menjadi sektor utama dalam perekonomian kabupaten ini, dengan tanah subur dan iklim yang mendukung.

2. Provinsi Kepulauan Nias

Hasil dari pemekaran Sumatera Utara, Provinsi Kepulauan Nias bertujuan untuk diversifikasi administrasi wilayah. Kabupaten-kabupaten seperti Nias Barat, Gunung Sitoli, Nias, Nias Selatan, dan Nias Utara tergabung dalam provinsi ini.

Mata pencaharian utama penduduk sebagian besar masih mengandalkan sektor pertanian.

Potensi hasil perkebunan seperti karet, kelapa, kopi, cengkih, dan nilam sangat cocok dengan keadaan alam Nias yang subur.

3.Provinsi Pulau Sumbawa

Dari Nusa Tenggara Barat, muncul Provinsi Pulau Sumbawa yang bertujuan untuk lebih fokus dalam pembangunan dan pelayanan publik.

Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, Bima, dan Kota Bima akan terlibat dalam pemekaran ini. Pulau Sumbawa memiliki potensi lahan pertanian yang luas, serta sektor pertambangan, peternakan, dan pariwisata yang menjanjikan.

4. Provinsi Kapuas Raya

Pemekaran wilayah Kalimantan Barat melahirkan Provinsi Kapuas Raya yang terdiri dari Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang, Kapuas Hulu, dan Melawi.

Provinsi ini memiliki potensi ekonomi yang besar, dengan sumber daya alam seperti hutan, pertanian, dan tambang yang dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pertumbuhan ekonomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: