Rencana Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara, 1 Kota dan 4 Kabupaten Bergabung, Berikut Potensinya

Rencana Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara, 1 Kota dan 4 Kabupaten Bergabung, Berikut Potensinya

Menggali Dukungan Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara dan Pemekaran Provinsi Sumatera Utara (Sumut).-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

SUMATERAUTARA, PALPOS.ID - Rencana pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara mengundang sorotan seiring dengan upaya untuk lebih mendekatkan pemerintahan dengan masyarakat di bagian selatan Sumatera Utara

Dalam rencana ini, lima kabupaten/kota akan berdiri sebagai fondasi pembentukan, dengan Kota Padang Sidempuan ditetapkan sebagai ibu kota yang menandai langkah baru dalam administrasi wilayah.

Rencana pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara ini lahir dari semangat untuk mengoptimalkan pengelolaan daerah dan lebih memfokuskan upaya pembangunan serta pelayanan publik. 

BACA JUGA:UPDATE ! Pembentukan Calon Provinsi Tapanuli dan Nias Pemekaran Sumatera Utara, Tinggal Selangkah Lagi

5 kabupaten/kota yang terlibat dalam rencana ini adalah :

1.Kabupaten Padang Lawas Utara 

2. Kabupaten Padang Lawas 

3. Kabupaten Tapanuli Selatan 

4. Kabupaten Tapanuli Tengah 

5. Kota Padang Sidempuan.

BACA JUGA:Tapanuli Utara : Satu-satunya Kabupaten di Indonesia yang Ada Bandara Internasional Silangit

Menyusun dasar-dasar pembentukan, Kota Padang Sidempuan ditunjuk sebagai pusat administrasi dan pemerintahan Provinsi Sumatera Tenggara. 

Langkah ini memancarkan semangat untuk memajukan wilayah selatan Sumatera Utara dan memberikan keberlanjutan yang lebih baik dalam pengelolaan sumber daya dan pembangunan masyarakat.

Rencana pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara adalah langkah penting dalam memperkuat otonomi daerah dan merespons kebutuhan serta aspirasi masyarakat lokal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: