Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Ini 10 Fakta Menarik Kabupaten Bone Ibukota Provinsi Bugis Timur

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Ini 10 Fakta Menarik Kabupaten Bone Ibukota Provinsi Bugis Timur

Rencana Pemekaran Wilayah Sulawesi Selatan: Transformasi Menuju Terbentuknya 3 Provinsi Baru.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BONE, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, ini 10 fakta menarik Kabupaten Bone calon ibukota Provinsi Bugis Timur.

Diketahui, dalam pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Selatan atau Provinsi Sulsel itu salahsatunya membentuk provinsi baru yakni Provinsi Bugis Timur.

Dan calon ibukota Provinsi Bugis Timur sendiri yakni Kabupaten Bone. Dan inilah 10 fakta menarik Kabupaten Bone, yakni sebagai berikut:

1.Kerajaan Bone

Diketahui Kabupaten Bone ini merupakan pusat Kerajaan Bone yang memiliki sejarah panjang sebagai salah satu kerajaan terbesar dan tertua di Sulawesi Selatan. Kerajaan ini memiliki warisan budaya dan tradisi yang kaya.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, 10 Fakta Menarik Kota Palopo Calon Ibukota Provinsi Luwu Raya

BACA JUGA:UPDATE TERBARU! Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara Usul Bentuk 2 Calon Provinsi Baru

2.Lokasi Strategis

Kabupaten Bone terletak di bagian selatan Sulawesi Selatan dan memiliki akses ke wilayah pesisir. Hal ini memengaruhi kehidupan masyarakat di sana yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan.

3.Rumah Panggung Bugis

Rumah adat Panggung adalah ciri khas rumah adat masyarakat Bugis-Makassar di Kabupaten Bone. Rumah ini terkenal dengan desain panggungnya yang unik dan memiliki fungsi penting dalam budaya dan adat istiadat suku Bugis.

4.Pantai Tanjung Bira 

Kabupaten Bone memiliki destinasi wisata pantai yang terkenal, yaitu Pantai Tanjung Bira. Pantai ini memiliki pasir putih yang indah dan air laut yang jernih, menjadikannya tujuan favorit bagi wisatawan yang ingin bersantai dan beraktivitas di pantai.

5.Lagu Daerah 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: