Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, 6 Fakta Menarik Benteng Keraton Buton di Kota Baubau

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, 6 Fakta Menarik Benteng Keraton Buton di Kota Baubau

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, 6 Fakta Menarik Benteng Keraton Buton di Kota Baubau.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BAUBAU, PALPOS.ID – Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara banyak memiliki destinasi wisata, termasuk untuk wisata sejarah atau kebudayaan.

Salahsatu objek wisata sejarah di Kota Baubau calon ibukota Provinsi Kepulauan Buton itu yakni Benteng Keraton Buton atau Benteng Wolio.

Benteng Keraton Buton di Kota Baubau ini memiliki sejarah yang kaya dan merupakan bagian penting dari warisan budaya dan sejarah daerah tersebut. 

Dan berikut merupakan 6 fakta menarik Benteng Keraton Buton di Kota Baubau calon ibukota Provinsi Kepulauan Buton, yakni sebagai berikut:

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, 7 Wisata Eksotis Kabupaten Wakatobi Provinsi Kepulauan Buton

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Profil Kabupaten Wakatobi Calon Daerah Provinsi Kepulauan Buton

1.Asal usul

Benteng Keraton Buton awalnya dibangun pada abad ke-17 oleh Sultan La Ode Muhammad Said, yang juga dikenal sebagai Sultan Buton Pertama. 

Dan Benteng Keraton Buton atau Benteng Wolio ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan tempat tinggal keluarga kerajaan.

2.Arsitektur

Diketahui, Benteng Keraton Buton memiliki arsitektur khas yang menggabungkan unsur-unsur lokal dengan pengaruh Melayu dan Arab. 

Bangunan-bangunan dalam kompleks ini didominasi oleh kayu dan memiliki ciri khas atap berundak serta hiasan ukiran yang rumit.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Wakatobi Kepulauan Buton Wilayah Segitiga Terumbu Kara

BACA JUGA:Bayarind: Aplikasi Dompet Digital Terbaik untuk Kemudahan Transaksi Keuangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: