Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Benteng Terluas di Kota Baubau Ibukota Provinsi Kepulauan Buton

Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Benteng Terluas di Kota Baubau Ibukota Provinsi Kepulauan Buton

Mewujudkan Pemekaran: Sulawesi Tenggara Menuju Provinsi Kepulauan Buton dan 5 Daerah Otonomi Baru.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BAUBAU, PALPOS.ID – Masih seputar pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, benteng terluas di dunia ada di Kota Baubau ibukota Provinsi Kepulauan Buton.

Benteng terluas di dunia yang meraih rekor MURI dan Guiness Book of World Record itu dibangun di atas Bukit Wolio Kota Baubau. Sehingga benteng itu juga dikenal dengan Benteng Wolio.

Dimana, luas Benteng Keraton Buton itu 23.375 hektare yang dikelilingi tembok mencapai 2.740 meter. Dari benteng itu bisa melihat pemandangan Kota Baubau dan aktivitas perairan di Selat Buton.

Desain banguan memilik arsitektur unik karena terbuat dari batu gunung dan karang direkatnya dengan putih telur dicampur pasir dan kapur. Tinggi tembok benteng capai 8 meter dan ketebalan 2 meter.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, 3 Akses Menuju Kota Baubau Ibukota Provinsi Kepulauan Buton

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Ini Batas Wilayah Kota Baubau Ibukota Provinsi Kepulauan Buton

Masih terkait pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, ternyata ini alasan pergantian nama Provinsi Buton Raya jadi Provinsi Kepulauan Buton.

Ternyata alasannya karena menyangkut tantangan provinsi baru itu kedepannya. Dimana, Kepulauan Buton merupakan wilayah maritim, dan pembangunan kedepan berporos daerah kepulauan.

‘’Sehingga awalnya usulan pembentukan Provinsi Buton Raya. Sehingga akhirnya diubah menjadi usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Buton atau Kepton,” tegas Ketua Presidium KNP3-Kepton Drs Alimudin Msi, beberapa waktu yang lalu.

Akan tetapi, meskipun usulan pembentukan Provinsi Kepulauan Buton sudah lama diperjuangkan, namun masih terganjal moratirium DOB yang belum dicabut Pemerintah Pusat.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara Bentuk Provinsi Kepulauan Buton Dapat Restu DPR RI

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, Kota Baubau Akhirnya Calon Ibukota Provinsi Kepulauan Buton

Ada lagi pemekaran wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara usul provinsi baru 1 kota dan 5 kabupaten gabung Provinsi Kepulauan Buton.

Menariknya, sebenarnya usulan provinsi DOB itu sudah sejak lama digaungkan. Bahkan, sebelumnya bernama Provinsi Buton Raya, sebelum diganti usulan Provinsi Kepulauan Buton atau Kepton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: