Pesona, Sejarah, dan Potensi Mendunia Jepara, Kabupaten di Calon Provinsi Jatara Pemekaran Jawa Tengah

Pesona, Sejarah, dan Potensi Mendunia Jepara, Kabupaten di Calon Provinsi Jatara Pemekaran Jawa Tengah

Pemekaran Wilayah Jawa Tengah: Potensi Jepara Siap Bergabung Otonomi Baru Provinsi Jawa Utara.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Sentra tenun ikat yang terletak di Toso menghasilkan berbagai motif tenun yang khas, seperti krisna, misris, ukir, rantai, bambu, mawar, hingga motif Obama dan SBY.

3.PEMBANGKIT LISTRIK 

Jepara juga dikenal sebagai Kota Energi karena memiliki tiga Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang menjadi pemasok listrik untuk wilayah Jawa, Bali, dan Madura. 

PLTU ini dibangun dengan latar belakang slogan R.A. Kartini, "Habis Gelap Terbitlah Terang."

4. SEJARAH PULAU JAWA 

Jepara memiliki sejarah unik terkait dengan Pulau Jawa. 

Sebelum abad ke-17, Selat Muria memisahkan wilayah Pantura, yang sekarang dikenal sebagai Jepara, Kudus, dan Pati, dari daratan Pulau Jawa. 

Wilayah ini memiliki jalur transportasi dan perdagangan yang ramai dilalui, dan bukti sisa-sisa peninggalan Selat Muria masih dapat ditemukan hingga saat ini.

5. BENTENG PORTUGIS 

Jepara memiliki Benteng Portugis yang dibangun oleh bangsa Portugis pada 1632, pada masa pemerintahan Sultan Agung di Kerajaan Mataram. 

Benteng ini menjadi pusat pertahanan dan perlintasan pelayaran strategis. 

Kini, Benteng Portugis menjadi salah satu objek wisata terkemuka di Jepara.

Jepara, dengan segala sejarah dan pesonanya, merupakan bagian yang menarik dari calon Provinsi Jawa Utara. 

Diulas sebelumnya, usulan pemekaran Provinsi Jawa Utara atau Jatara dari wilayah Jawa Tengah telah mencuat ke permukaan. 

Rencana tersebut mencakup pemisahan dari provinsi induknya Jawa Tengah, dan melibatkan 6 kabupaten, yaitu Kudus, Pati, Jepara, Rembang, Blora, dan Grobogan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: