Sambung Nyawa si Pencegah Kangker dan Untuk Meningkatkan Kesuburan

Sambung Nyawa si Pencegah Kangker dan Untuk Meningkatkan Kesuburan

Tanaman Sambung Nyawa-Foto: Maryati-Palpos.Id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Sambung nyawa (Gynura Procumbens), merupakan tanaman liar asli Indonesia. Namun ada juga yang sengaja di budidaya sebagai tanaman herbal.

Sambung nyawa banyak didapat di pulau Jawa dan Sumatera banyak juga tumbuh liar di pulau Bali.

Konon katanya daun Sambung nyawa kaya akan kandungan senyawa kimia diantaranya, flavonoid, sterol tak jenuh,  polifenol, triterpenoid, saponim, steroid.

BACA JUGA:5 Kiat Sukses Menanam Kangkung, Rahasia Agar Tanaman Subur dan Sehat

Selain itu daun sabung nyawa juga mengandung senyawa asam klorogenat, asam kafeat, asam vanilat, asam para kumarat, asam para hidrosik benzoat, dan minyak Atsiri yang mempunyai efek menghambat sel kangker.

Banyaknya kandungan senyawa kimia tersebut membuat daun sabung nyawa juga kaya akan manfaat untuk kesehatan.

Beberapa manfaat daun sambung nyawa  bagi kesehatan diantaranya :

BACA JUGA:10 Manfaat Luar Biasa dari Tanaman Kenikir untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Mencegah kanker

Kandungan senyawa yang terdapat dalam daun sambung nyawa dipercaya dapat mencegah penyebaran sel kangker dan mengobati kangker pada fase awal.

Daun sambung nyawa banyak digunakan untuk mengobati leukemia, kanker payudara, dan kanker rahim.

BACA JUGA:7 Tanaman ini Bisa Dijadikan Obat, Simak!

Cara penggunaanya untuk mengobati kangker leukemia, kangker payudara dan kangker rahim, daun sabung nyawa bisa dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan atau juga dengan mengonsumsi ekstra air rebusan daun sabung nyawa.

2. Meningkatkan kesuburan

Daun sabung nyawa dapat membantu mengatasi infertilitas (mandul) yang disebabkan komplikasi dari penyakit diabetes.

Hal ini telah dibuktikan dari penelitian yang dilakukan pada hewan. Dimana  pemberian daun sambung nyawa pada hewan percobaan, menunjukkan bahwa dapat membantu meningkatkan kesuburan dengan meningkatkan aktivitas enzimatik, jumlah sperma, serta motilitas sperma.

Selain itu, daun sambung nyawa ini juga dapat mengurangi persentase sperma yang mati, dan meningkatkan pematangan sperma.

3. Batu mengatasi infeksi tertentu

Daun sambung nyawa juga dapat membantu mengobati atau mengatasi penyakit dan infeksi tertentu. Karena daun sambung nyawa memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur.

4. Mengurangi Peradangan

Daun sambung nyawa mengandung caryophyllene, pinene, limonene, dan carene, yang semuanya diketahui memiliki sifat antiinflamasi.

Karena itu daun sambung nyawa sudah sejak lama dikenal dan digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati peradangan.

Ekstrak daun sambung nyawa juga dapat digunakan secara topikal dalam mengobati kondisi peradangan, seperti aterosklerosis yakni penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan plak.

5. Menurunkan resiko hipertensi dan melindungi jantung

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko banyak penyakit kardiovaskular, termasuk stroke.

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun sambung nyawa berpotensi untuk menurunkan hipertensi.

Selain itu, mengonsumsi daun ini dapat meningkatkan oksida nitrat yakni bahan kimia penting yang membantu memperlebar pembuluh darah.

6. Mengurang resiko stres oksidatif

Daun sambung nyawa, terutama pada bagian akar,  mengandung banyak antioksidan. Seperti senyawa fenolik, flavonoid, dan vitamin C (asam askorbat).

Sifat antioksidan dalam daun sambung nyawa ini dapat membantu melawan radikal bebas dan mengurangi resiko stres oksidatif.

7. Menurunkan kadar gula darah

Daun sambung nyawa mengandung senyawa seperti kaempferol, quercetin, sinapic, caffeic, dan vanillic acid.

Kandungan senyawa-senyawa tersebut membuat daun sambung nyawa dapat membantu  menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes.

Daun sambung nyawa dapat merangsang pengambilan glukosa oleh sel lemak dan sel otot, sehingga mengurangi kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe 2.

Daun sabung nyawa juga  dapat melindungi dari kerusakan hati pada diabetes tipe 2.

Nah itulah tadi tujuh manfaat daun sabung nyawa yang berhasil dirangkum palpos dari sejumlah sumber seperti yang telah dilansir platform media online.

Kamu bisa memanfaatkan daun sabung nyawa ini untuk mengatasi tujuh masalah kesehatan yang telah disebutkan diatas.

Cara pemanfaatannya sangat muda, mulai dari mengonsumsinya secara langsung sebagai lalapan, atau mencampurkan pucuk daun sabung nyawa ke dalam masakan yang kamu sukai. Bisa juga dengan cara mengolah dan mengambil ekstranya untuk diminum.

Kendati demikian, ingat jangan mengonsumsi daun sabung nyawa secara berlebihan. Karena setiap yang berlebihan itu tidak baik, meskipun itu untuk obat sekalipun.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: