10 Manfaat Luar Biasa dari Tanaman Kenikir untuk Kesehatan dan Kecantikan

10 Manfaat Luar Biasa dari Tanaman Kenikir untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat tanaman kenikir (cosmos caudatus) untuk kesehatan dan kecantikan. -foto: yan/palpos.id-

PALPOS.ID - Kenikir (Cosmos Caudatus), tanaman yang biasanya dikenal sebagai lalap dalam hidangan Indonesia, ternyata memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada sekadar sebagai pelengkap makanan. 

Tanaman kenikir yang juga dikenal sebagai ’’ulam raja’’ atau ’’ulam pegaga’’, juga menyimpan beragam manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. 

Dalam era yang semakin sadar akan pentingnya bahan alami, kenikir telah mendapatkan perhatian sebagai tanaman serbaguna yang dapat memberikan dampak positif.

BACA JUGA:11 Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

1. Kandungan Nutrisi yang Kaya

Kenikir mengandung beragam nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, serta mineral seperti kalsium dan zat besi. Nutrisi ini berperan dalam menjaga kesehatan mata, tulang, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi kenikir secara rutin dapat menjadi tambahan yang berharga dalam pola makan sehari-hari.

2. Sumber Antioksidan yang Hebat

Antioksidan dalam kenikir membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan penyakit degeneratif. Kenikir juga mengandung senyawa polifenol yang dikenal dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

BACA JUGA:Kunyit Kaya Manfaat, Salah Satunya Mengobati Maag

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Ekstrak kenikir telah diteliti dan ditemukan memiliki potensi dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Meningkatkan Kesehatan Saluran Pencernaan

Kandungan serat dalam kenikir dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga berperan dalam menjaga keseimbangan flora usus yang sehat, yang memiliki dampak positif pada sistem pencernaan secara keseluruhan.

BACA JUGA:Sembilam Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: