Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Fakta Menarik Kabupaten Sragen Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Fakta Menarik Kabupaten Sragen Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

Pemekaran Wilayah Jawa Tengah: Kabupaten Sragen Wilayah Otonomi Baru Daerah Istimewa Surakarta.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, 9 Fakta Unik Kota Solo Calon Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Ini Potensi Daerah Tergabung Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

3.Waduk Kedung Ombo 

Waduk ini terletak di tiga kabupaten: Sragen, Grobogan, dan Boyolali. Selain berfungsi sebagai sumber pengairan, Waduk Kedung Ombo juga menjadi tempat wisata yang menarik. 

Pengunjung dapat menaiki perahu motor dan menikmati makanan ikan air tawar. Namun, pembangunan waduk ini pada era Presiden Soeharto mengakibatkan tenggelamnya beberapa desa, dengan beberapa warga terpaksa tinggal di tengah genangan air.

4.Desa Wisata Betisrejo 

Desa Wisata Betisrejo adalah gabungan dari tiga desa, yaitu Sukorejo, Jambeyan, dan Jetis. Di sini, Anda dapat merasakan suasana pedesaan yang jarang ditemui di kota. Selain pertanian, terdapat juga peternakan ikan dan sapi. Selama musim panen, Anda bisa menyaksikan tari lesung, sebuah tradisi lokal.

5.Batik Sragen 

Sragen dikenal dengan motif batik Kliwonan yang cerah dan sesuai dengan karakter masyarakatnya yang blak-blakan. Di Desa Wisata Batik Kliwonan, Anda dapat belajar tentang proses pembuatan batik dan bahkan mencobanya sendiri. Wisatawan yang tertarik dapat menginap di homestay setempat.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, 1 Kota 6 Kabupaten Gabung Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

BACA JUGA:3 Mall Mewah di Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah, Ada Fasilitas Hiburan Dan Sering Gelar Diskon

6.Kuliner Khas Sragen - Soto Girin 

Selain wisata alam dan budaya, Sragen juga terkenal dengan kuliner khasnya. Salah satunya adalah Soto Girin, yang terkenal dengan kuah kuning kecokelatan yang menggugah selera. Makanan pedas seperti Bothok Mercon, Gathot, dan minuman seperti Dawet Sragen juga menjadi sajian yang tak boleh dilewatkan.

Kabupaten Sragen, dengan sejarahnya yang kaya, destinasi wisata menarik, dan kuliner lezat, adalah tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi keindahan Jawa Tengah. Jika Anda mencari petualangan yang sarat dengan sejarah dan budaya, Sragen adalah destinasi yang tepat.

Pemekaran wilayah Provinsi Jawa Tengah, 1 Kota 6 kabupaten gabung Provinsi Daerah Istimewa Surakarta alias Provinsi DIS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: