Terus Bertambah, 57 Desa Gunakan Energi Terbaru untuk Majukan Perekonomian

Terus Bertambah, 57 Desa Gunakan Energi Terbaru untuk Majukan Perekonomian

Terus Bertambah, 57 Desa Gunakan Energi Terbaru untuk Majukan Perekonomian. -Foto: ist-

JAKARTA, PALPOS.ID - Sebanyak 57 Desa di Indonesia melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Desa Energi Berdikari (DEB) Pertamina telah memanfaatkan energy terbarukan untuk menghidupkan roda ekonomi dan sosial di masyarakat. 

Hingga awal September 2023, terdapat tambahan 5 lokasi DEB yang teraliri Energi terbarukan dengan melakukan instalasi energy terbarukan berupa pembangkit istrik tenaga surya (PLTS). 

5 lokasi DEB tersebut yaitu Desa Singapore di Kabupaten Lahat, Tambakharjo di Semarang, Eka Jaya di Jambi, Tasikharjo di Kabupaten Tuban, dan Desa Adat Kedonganan di Kabupaten Bandung. 

Tidak hanya membangun infrastruktur, melalui program DEB juga dilakukan pemberdayaan masyaraat agar akselerasi transisis enegeri merata hingga ke pelosok desa dengan memanfaatkan sumber daya energy lokal.

BACA JUGA:Pertamina Ajak Masyarakat Untuk Lindungi Kendaraan dan Lingkungan dengan BBM Berkualitas

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menegaskan, Pertamina akan terus melanjutkan perjalanan dalam memberikan akses enegri terbarukan bagi masyarakat Indonesia, hingga mencapai kemandirian energy dan ekonomi. 

“Kami terus melanjutkan perjalanan dalam memberikan kesempatand an menpercepat transisi energi bagi masyarakat salah satunya melalui program DEB, yang baisa bermanfaa menggerakan roda perekonomian,” ucap Fadjar. 

Bukti nyata program Desa Energi Berdikari Pertamina mendukung roda perekonomian masyarakat seperti  yang dijalankan di tasikharjo, Kabupaten Tuban, yang memanfaatkan energy panel surya untuk mendukung proses kegiatan UMKM diantaranya yaitu Program UMKM Batik Sekar Tanjung, Program Jahit Sekar Tanjung dan Program Ethnical Creative Tasikharjo. 

Masih untuk pengembangan UMKM, di Tambakharjo, Semarang penggunaan Energi terbarukan dari panel surya untuk pengelolahan Kampung Kuliner Pujasera Energi. 

BACA JUGA: Promo Terbaru : Isi BBM di MyPertamina dengan OVO, Dapatkan Cashback 50.000, Mau?

Sedangkan di Desa Kedonganan Bali, dan Eka Jaya Jambi, memanfaatkan energy panel surya untuk menggerakkan beberapa kegiatan, seperti operasional tempat pengolahan sampah Reduce-euse- Recycle (TPS3R), Aquaponik, kolam pemancingan, dan berbagai kegiatan yang menimbulkan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar. 

Selanjutnya, Energi terbarukan memanfaatkan energy panel suray juga digunakan di Desa Singapore di KAbupaten Lahat untuk menyediakan listrik yang menghidupkan roda ekonomi dan sosial di masyarakat. 

Ketua Kelompok Kolam Pancing Desa Energi Berdikari Kampung Wisata Eka Jaya, Sutambah berterima kasih dengan adanya bantuan panel surya ini karena snagat membantu dalam mengembangkan usaha. 

“Setelah adanya panel surya ini, sebelumnya saat makam hari tempat ini gelap namun sekarang sudah terang jadi sangat membantu bagi warga sekitar dan harapannya kami dapat mengembangkan usaha yang telah kami jalankan sehingga dapat menambahkan pendapat,” ungkap Sutambah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: