Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Fakta Menarik Kabupaten Sukoharjo Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Fakta Menarik Kabupaten Sukoharjo Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

Provinsi Daerah Istimewa Surakarta: Pemekaran Jawa Tengah yang Kontroversial.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

Sukoharjo telah mengembangkan branding pariwisata bernama "The House of Souvenir" sejak tahun 2009. Branding ini mempromosikan dan mengangkat berbagai produk kerajinan lokal seperti kerajinan rotan, gamelan Jawa, dan beragam jenis jenang. Produk lokal ini menjadi daya tarik utama dalam sektor pariwisata Sukoharjo.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, 9 Fakta Unik Kota Solo Calon Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Ini Potensi Daerah Tergabung Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

6.Kabupaten Pramuka: 

Pada tahun 2012, Bupati Sukoharjo saat itu, Wardoyo Wijaya, mencanangkan Sukoharjo sebagai kabupaten pramuka. Hal ini mencakup penggunaan seragam pramuka di hari tertentu bagi semua pegawai di lingkungan Pemkab Sukoharjo, mempromosikan semangat kepemudaan dan pramuka di kabupaten ini.

Kabupaten Sukoharjo bukan hanya memiliki sejarah yang kaya, tetapi juga potensi unggulan yang beragam, mulai dari industri jamu, tekstil, gamelan, hingga kerajinan lokal. Dengan berbagai julukan dan keunggulan ini, Sukoharjo terus berkembang dan menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan dan pelaku industri.

Pemekaran wilayah Provinsi Jawa Tengah, 1 Kota 6 kabupaten gabung Provinsi Daerah Istimewa Surakarta alias Provinsi DIS.

Namun nama Provinsi Daerah Istimewa Surakarta ini juga bisa disebut dengan Provinsi Daerah Istimewa Solo. Sebab, Surakarta dan Solo itu satu daerah.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Tengah, 1 Kota 6 Kabupaten Gabung Provinsi Daerah Istimewa Surakarta

BACA JUGA:3 Mall Mewah di Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah, Ada Fasilitas Hiburan Dan Sering Gelar Diskon

Diketahui, Pulau Jawa salah satu pulau terbesar di Indonesia, kini tengah heboh dengan kabar tentang rencana pemekaran provinsi yang akan menambah 9 provinsi baru. 

Pemekaran ini akan melibatkan 4 provinsi yang sudah ada, dan dari ke-9 wacana pembentukan provinsi daerah otonomi baru (DOB) tersebut, tiga di antaranya akan berasal dari pemekaran Provinsi Jawa Tengah.

Salah satu usulan yang menarik perhatian adalah pembentukan Provinsi Daerah Istimewa Surakarta atau DIS. 

Provinsi DIS ini nantinya akan mencakup wilayah Surakarta atau Solo Raya. Solo, nama lain dari Surakarta, juga akan menjadi ibukota dari Provinsi DIS.

BACA JUGA:Ini Profil Kota Salatiga Provinsi Jawa Tengah Usul Pemekaran Namun Caplok Wilayah Kabupaten Semarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: