Bulog OKU Salurkan Bantuan Cadangan Pangan Beras Tahap II

Bulog OKU Salurkan Bantuan Cadangan Pangan Beras Tahap II

Kepala Bulog OKU, Julkhaidar Romadhon. Eko/Palpos.id--

BATURAJA, PALPOS.ID - Perum Bulog Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), menyalurkan bantuan cadangan pangan beras pemerintah tahap II kepada 23 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di daerah itu.

Kepala Bulog OKU, Julkhaidar Romadhon, Selasa (12/9) mengatakan, penyaluran bantuan cadangan pangan tahap II ini sebagai upaya dalam mengatasi kekeringan akibat El Nino yang berdampak terhadap produksi pertanian.

Penyaluran beras cadangan pangan tersebut dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia yang disalurkan bertahap selama tiga bulan periode September hingga November 2023.

Untuk Kabupaten OKU sendiri, kata dia, pihaknya menyiapkan sebanyak 232 ton beras yang disalurkan secara bertahap kepada seluruh warga penerima bantuan.

Dalam program ini setiap KPM di Kabupaten OKU dibantu beras dari pemerintah sebanyak 10 kilogram (Kg) untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Dalam penyaluran bansos itu, pihaknya menggandeng PT Pos Indonesia cabang Baturaja sebagai pihak penyalur kepada warga yang berhak menerima bantuan.

"Beras yang disalurkan dalam bentuk bansos ini telah dilakukan pengecekan kualitas terlebih dahulu sehingga dipastikan benar-benar layak dikonsumsi," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini dapat sedikit membantu meringankan beban masyarakat di tengah lonjakan harga pangan di pasaran khususnya pada komoditas beras yang saat ini sedang melonjak.

"Kita ketahui bersama per 1 September 2023 pemerintah resmi menaikan harga beras secara nasional yang dibagi zonasi wilayah di mana Provinsi Sumsel berada di zona 1 dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras medium sebesar Rp10.900/Kg," ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: