Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Ini Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk Calon Provinsi Bandung Raya

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Ini Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk Calon Provinsi Bandung Raya

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Ini Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk Calon Provinsi Bandung Raya.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bekasi Usul Kabupaten Bekasi Utara atau Kota Cikarang

4. Kota Cimahi

Kota Cimahi, yang terletak di Provinsi Jawa Barat, juga akan menjadi bagian dari Provinsi Bandung Raya. Dengan luas wilayah 40.37 kilometer persegi, Kota Cimahi terdiri dari 3 kecamatan dan 15 kelurahan. 

Berdasarkan sensus penduduk BPS tahun 2020, jumlah penduduk Kota Cimahi mencapai 571 ribu jiwa. Bahkan, jika Provinsi Bandung Raya benar-benar terealisasi, Kota Cimahi memiliki potensi untuk dijadikan sebagai pusat perkantoran atau pusat pemerintahan.

5. Kabupaten Sumedang

Kabupaten Sumedang di Provinsi Jawa Barat tidak akan sepenuhnya bergabung dengan Provinsi Bandung Raya. Hanya 2 kecamatan yang akan bergabung dengan provinsi baru ini, yaitu Kecamatan Sukasari dan Kecamatan Jatinangor. Kecamatan Sukasari memiliki luas wilayah 47.52 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 30.587 jiwa. 

Sedangkan Kecamatan Jatinangor memiliki luas wilayah 262 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 113.913 jiwa. Kecamatan Jatinangor juga dikenal karena memiliki 2 kampus atau perguruan tinggi negeri besar dan terkenal, yaitu Universitas Padjajaran dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

BACA JUGA:Ini Batas Wilayah Kabupaten Cirebon Calon Ibukota Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat

BACA JUGA:2 Alasan Usul Calon Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Ternyata...

Mantan Walikota Bandung, Oded Muhammad Danial, sangat mendukung pembentukan Provinsi Bandung Raya ini. Menurutnya, dengan adanya Provinsi Bandung Raya, integrasi pembangunan di wilayah tersebut akan menjadi lebih mungkin untuk terwujud. "Untuk mewujudkan pembangunan terintegasi akan terealisasi dengan diresmikannya Provinsi Bandung Raya," tegas Oded Muhammad Danial beberapa waktu yang lalu.

Pembentukan Provinsi Bandung Raya menjadi sebuah langkah yang menarik untuk mengatasi ketimpangan pembangunan di Provinsi Jawa Barat dan mewujudkan visi Kota Metropolitan yang kompetitif. Meskipun masih banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti pembahasan lebih lanjut dengan Pemerintah Pusat, langkah ini menunjukkan komitmen untuk mengembangkan wilayah tersebut dan memberikan potensi besar bagi kemajuan ekonomi dan sosial di Jawa Barat. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: