Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bekasi Usul Kabupaten Bekasi Utara atau Kota Cikarang

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bekasi Usul Kabupaten Bekasi Utara atau Kota Cikarang

Usulan Pemekaran Kabupaten Bekasi Utara Terus Bergulir Meskipun Terkendala Moratorium di Jawa Barat.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BEKASI, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bekasi usul Kabupaten Bekasi Utara atau Kota Cikarang.

Sebab, sesuai hasil kajian tahun 2008 yang lalu, Kabupaten Bekasi usulkan bentuk daerah otonomi baru Kabupaten Bekasi Utara.

Akan tetapi, setelah 15 tahun berlalu, wacana pemekaran Kabupaten Bekasi sepertinya mulai berubah arah dan tujuan, meskipun masih terganjal moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Alasannya pembentukan Kabupaten Bekasi Utara sudah tak relevan. Namun yang lebih mendesak yaitu pembentukan Kota Cikarang.

BACA JUGA:Ini Batas Wilayah Kabupaten Cirebon Calon Ibukota Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat

BACA JUGA:2 Alasan Usul Calon Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Ternyata...

Namun disisi lain, jika Kota Cikarang benar-benar terbentuk, maka otomatis ibukota Kabupaten Bekasi juga akan pindah dari kota tersebut.

Sebab, selama ini ibukota Kabupaten Bekasi adalah Kota Cikarang. Dan untuk pembentukan Kota Cikarang juga sudah memenuhi syarat.

Sudah ada 5 kecamatan siap gabung Kota Cikarang. Bahkan, luas wilayah Kota Cikarang nantinya sekitar 25 kilometer persegi.

Luas wilayah itu terdiri dari Kecamatan Cikarang Pusat 4,76 kilometer persegi, Kecamatan Cikarang Selatan 5,17 kilometer persegi, dan Kecamatan Cikarang Timur 5,13 kilometer persegi.

BACA JUGA:Calon Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat Layak Mandiri, Ini Kata Ketua Umum KP3C...

BACA JUGA:Kepala Daerah Tolak Pembentukan Provinsi Cirebon Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Ini Alasannya...

Kemudian, Kecamatan Cikarang Utara memiliki luas wilayah 4,33 kilometer persegi. Serta Kecamatan Cikarang Barat dengan luas wilayah 5,36 kilometer persegi.

Disisi lain, Kota Cikarang saat ini lebih terkenal daripada Kabupaten Bekasi. Sebab, Kota Cikarang saat ini sudah menjadi salahsatu kota industri terpenting di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: