Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Ini Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk Calon Provinsi Bandung Raya

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Ini Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk Calon Provinsi Bandung Raya

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Ini Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk Calon Provinsi Bandung Raya.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

BANDUNG, PALPOS.ID – Pemekaran wilayah Provinsi Jawa Barat, ini luas wilayah dan jumlah penduduk calon Provinsi Bandung Raya.

Diketahui, Provinsi Jawa Barat atau Provinsi Jabar dengan penduduknya yang mencapai 49.4 juta jiwa, sepertinya siap untuk menyambut pemekaran wilayah baru. Salah satu usulan terbaru yang tengah mendapat perhatian adalah pembentukan Provinsi Bandung Raya sebagai pemekaran dari Provinsi Jawa Barat. 

Wacana ini muncul dengan tujuan untuk menciptakan sebuah Kota Metropolitan yang mampu menyaingi Provinsi DKI Jakarta, walaupun saat ini moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Pembentukan Provinsi Bandung Raya ini juga sejalan dengan rencana pemindahan ibukota Provinsi Jawa Barat dari Bandung. Selain itu, mengingat luas wilayah Provinsi Jawa Barat yang mencapai 35.377 kilometer persegi, pemekaran wilayah menjadi sebuah kebutuhan mendesak untuk meratakan pembangunan di seluruh wilayah provinsi.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Jampang Pemekaran Kabupaten Sukabumi yang Dinanti

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sukabumi Usul Bentuk 2 Kabupaten Baru, Ini Progresnya...

Rencananya, Provinsi Bandung Raya akan terdiri dari 2 kota dan 3 kabupaten. Berikut ini adalah profil singkat dari masing-masing entitas tersebut:

1. Kota Bandung

Kota Bandung akan menjadi pusat ibukota Provinsi Bandung Raya. Dengan luas wilayah mencapai 167.3 kilometer persegi, Kota Bandung terbagi menjadi 30 kecamatan dan 151 kelurahan. Menurut hasil sensus penduduk BPS tahun 2020, jumlah penduduk Kota Bandung mencapai 2.527.854 jiwa.

2. Kabupaten Bandung

Kabupaten Bandung di Provinsi Jawa Barat akan memiliki peran strategis jika Provinsi Bandung Raya terbentuk. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sebesar 1.306 kilometer persegi, dengan 31 kecamatan dan 277 desa serta kelurahan. Jumlah penduduk Kabupaten Bandung mencapai 3.666.156 jiwa berdasarkan hasil sensus penduduk BPS tahun 2020.

3. Kabupaten Bandung Barat

Kabupaten Bandung Barat juga akan bergabung dengan Provinsi Bandung Raya. Wilayah ini memiliki luas mencapai 1.762 kilometer persegi dan terkenal sebagai pusat wisata alam di Jawa Barat. Jumlah penduduk Kabupaten Bandung Barat mencapai 1.814.226 jiwa menurut hasil sensus penduduk BPS tahun 2020.

BACA JUGA:UPDATE TERBARU! Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat Usul Bentuk 3 Kota dan 14 Kabupaten Daerah Otonomi Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: