Stone Garden Citatah: Pesona Batu Kapur dan Sejarah Alam yang Tersembunyi, Rekam Jejak 27 Juta Tahun yang Lalu

Stone Garden Citatah: Pesona Batu Kapur dan Sejarah Alam yang Tersembunyi, Rekam Jejak 27 Juta Tahun yang Lalu

Pemekaran Wilayah Kabupaten Bandung Barat: Kota Lembang di Jawa Barat Menuju Otonomi Baru.-Palpos.id-tiktok

BANDUNG, PALPOS.ID - Stone Garden Citatah, yang juga dikenal sebagai Taman Batu, merupakan bukti berdirinya laut dangkal prasejarah yang diyakini berusia 27 juta tahun menurut ahli geologi.

Temuan ini didukung oleh penemuan fosil binatang karang di lokasi tersebut, terletak di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Lokasi wisata Stone Garden terletak di Desa Gunung Masigit, Kampung Grimulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Sering disebut sebagai Stone Garden Cipatat atau Geo Park Cipatat, tempat ini hanya berjarak sekitar 5 km dari Padalarang.

Selain pesona alam dan nilai sejarahnya, Stone Garden juga menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung.

BACA JUGA:Naik ke Puncak Widosari di Desa Tertinggi Kulon Progo Yogyakarta, Lihat Pemandangan 2 Gunung Api di Pulau Jawa

Di antaranya toilet umum dan tempat ibadah, sehingga pengunjung dapat menjelajahi alam tanpa khawatir meninggalkan kenyamanan mereka.

Anda juga akan menemukan tempat-tempat makan sederhana yang menawarkan berbagai camilan, hidangan, dan oleh-oleh yang sempurna untuk dibawa pulang.

Seperti biasanya di destinasi wisata alam, pengunjung datang untuk menikmati keindahan alamnya.

Stone Garden tidak hanya menampilkan pemandangan eksotis batu kapur, tetapi juga memungkinkan pengunjung memahami sejarahnya yang telah berlangsung selama 27 juta tahun.

Bukti sejarah ini terwujud dalam fosil-fosil binatang karang yang berada di puncak bukit, membuktikan bahwa area Stone Garden dahulu adalah laut dangkal.

BACA JUGA:Indahnya Desa Serang, Desa Diatas Awan Bagian dari Pesona Gunung Slamet Pemandangannya Seperti Surga

Selama 27 juta tahun, tempat ini berubah menjadi batuan kapur karena karang yang pernah hidup di sana akhirnya mati dan membentuk batuan kapur yang luar biasa.

Kawasan wisata seluas 2 hektar ini juga menawarkan pemandangan alam yang alami, dengan batuan kapur yang berdiri secara alami dan tumbuhan liar yang menutupi area Stone Garden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: