Overload! Fuso Nyangkut dan Sebabkan Tiang Gapura Kelurahan Baturip Miring

Overload! Fuso Nyangkut dan Sebabkan Tiang Gapura Kelurahan Baturip Miring

Fuso Overload Nyangkut di Gapura Kelurahan Baturip, Senin (18/9/2023).-Foto: Yati-PALPOS.ID

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID - Cold Diesel Fuso BG 8740 EC, pengangkut material bangunan nyangkut di bagian atas Gapura Baturip di Jalan Kenanga II, Kecamatan LUBUKLINGGAU Utara II, Kota LUBUKLINGGAU, Sumatrera Selatan (Sumsel), Senin 18 September 2023, sekitar pukul 06.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Namun satu tiang gapura sampai terjungkit (terangkat) ke atas, sehingga Gapura menjadi miring. 

Sementara Col Diesel Fuso  yang tersangkut tak bisa lewat. Kalaupun dipaksakan gapura dipastikan langsung amruk, karena bagian atas Gapura sudah retak dan beberapa serpihan semen yang retak sudah jatuh ke jalan. 

Kasat Lantas Lubuklinggau AKP Agus Gunawan, dijumpai dilokasi mengatakan bahwa bahwa Jalan Kenanga II tersebut merupakan jalan alternatif yang bukan untuk dilalui truck dan angkutan sejenis lainnya. 

BACA JUGA:Tersangka Yang Habisi Mahasiswi STAI Terancam Hukuman Seumur Hidup

"Diduga sopirnya sengaja melalui jalur alternatif untuk menghindari petugas," ungkap Gunawan.

Sebab lanjutnya, melihat kondisi Fuso Cold Diesel tersebut sudah melebihi muatan atau overload.  "Nah setiap kendaraan yang overload itu selalu kita tindak, makanya untuk menghindari petugas agar tidak di tilang sopirnya cari jalan alternatif," kata Gunawan. 

Atas insiden tersebut, lanjut Gunawan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti PLN maupun PU Perkim.

"Karena inikan ada kabel dan lain semacamnya, jadi kita butuh alat untuk mengevakuasi truck ini," jelas Gunawan. 

BACA JUGA:Pemkab Muba Ikuti Penilaian Interview Evaluasi SPBE Tahun 2023

Selain itu lanjut Gunawan, pihaknya akan memanggil pelaku usaha dari Fuso yang overload tersebut, untuk meminta pertanggungjawaban. 

Disinggung sanksi perdata dan lainnya, Gunawan, menegaskan bahwa saat ini pihaknya masih fokus untuk melakukan evaluasi terlebih dahulu. 

"Kalau proses hukumnya nanti ya kita evaluasi terlebih dahulu, terus nanti kita panggil pelaku usahanya, untuk membahas dan mencari jalan keluar masalah ini," ujarnya. 

Pantauan palpos.id dilokasi kejadian, Cold  Diesel Fuso yang mengangkut material bangunan seperti rangka baja dan pipa tersebut masih berada di tersangkut di atas  Gapura.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: