Pastikan Penanggulangan dan Kesiapan Karhutbunlah di Muba, Ini yang dilakukan Kapolda Sumsel

Pastikan Penanggulangan dan Kesiapan Karhutbunlah di Muba, Ini yang dilakukan Kapolda Sumsel

Kapolda Sumsel Irjend Pol. A. Rachmad Wibowo Sik. melakukan Patroli udara diwilayah Kabupaten Musi Banyuasin.--

SEKAYU, PALPOS.ID - Guna Memastikan situasi di lapangan dan kesiapan penanggulangan Karhutla (Kebakaran hutan dan lahan), Jumat (22/09/2023) Kapolda Sumsel Irjend Pol. A. Rachmad Wibowo Sik. melakukan Patroli udara diwilayah Kabupaten Musi Banyuasin sekitar pukul 14.45 WIB.

Kapolda Sumsel yang didampingi oleh Karo Ops Kombes Pol Reeza Heras Budi Sik. MM, mendarat di PT. BPP (Bumi Persada Permai) di Distrik Mendis Desa Kaliberau Kecamatan Bayung Lencir.

Disambut oleh Wakapolres Muba Kompol Malik Fahrin Husnul Aqif SH. Sik yang mewakili Kapolres Muba, bersama  Hadhi Prabowo Syaiful dan Amin, menegement PT. BPP.

Sesampai di lokasi Kapolda Sumsel beserta rombongan langsung melihat peralatan atau kelengkapan untuk penanggulangan Karhutla yang dimiliki oleh PT. BPP.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung, Fakta Menarik Kabupaten Lampung Timur Daerah Calon Provinsi Lampung Tengah

Serta melakukan pengecekan  RPK (Regu Pemadam Kebakaran), yang kemudian dilanjutkan meninjau Ruang kontrol cuaca.

Dan dalam kesempatan tersebut Kapolda mendapat penjelasan dari pihak PT. BPP  terkait cuaca real time dan pantauan cctv di area PT. BPP serta kewajiban pihak perusahaan terkait penanggulangan Karhutla, dimana dalam radius lebih kurang 5 km dari areal konsesi perusahaan menjadi tanggung jawab perusahaan.

Terpisah Wakapolres Muba Kompol Malik menjelaskan bahwa sasaran patroli diarahkan kewilayah Bayung Lencir karena  diwilayah tersebut banyak lahan gambut yang rentan terjadi bencana Karhutla.

"Saat musim kemarau panjang diwilayah tersebut sudah 2 kali mengalami bencana Karhutla yaitu tahun 2015 dan tahun 2019," jelasnya.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Timur Usul Bentuk Kabupaten Lampung Tenggara

Sekira pukul 15.45 WIB Kapolda Sumsel bersama rombongan meninggalkan lokasi melalui udara menggunakan kendaraan Helikopter menuju Palembang.

Secara umum terpantau tidak ditemukan hot spot atau titik api karena karhutla, ditambah sebelumnya areal tersebut disiram hujan, sehingga berkaitan dengan Karhutla diwilayah kabupaten Musi Banyuasin masih dalam keadaan aman terkendali.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: