Eksplorasi 6 Fakta Menarik Majalengka Kabupaten yang Tersembunyi di Tatar Pasundan

Eksplorasi 6 Fakta Menarik Majalengka Kabupaten yang Tersembunyi di Tatar Pasundan

Pemekaran Wilayah Otonomi Baru Provinsi Pasundan: Memelihara Identitas Melalui Pendidikan di Jawa Barat.-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

MAJALENGKA, PALPOS.ID - Eksplorasi 6 Fakta Menarik Majalengka Kabupaten yang Tersembunyi di Tatar Pasundan.

Kabupaten Majalengka terletak di wilayah Tatar Pasundan, adalah salah satu kabupaten yang mungkin belum banyak orang ketahui. Namun, di balik kerendahan profilenya, terdapat sejumlah fakta menarik yang layak untuk diungkap. Berikut adalah enam fakta menarik tentang Majalengka.

1. Kampung Enam Rumah yang Tak Pernah Bertambah

Di Majalengka, terdapat sebuah kampung yang disebut Balemalang, yang memiliki sejarah unik. Konon, jumlah rumah di kampung ini tidak pernah bertambah. Hingga saat ini, hanya ada tujuh bangunan di sana, termasuk enam rumah dan satu musala.

Masyarakat di kampung ini menganggapnya sebagai kampung yang tangguh karena terbentuk secara alami, sehingga jumlah bangunan rumahnya tidak dapat bertambah.

 

BACA JUGA:Pemekaran Jawa Barat : Potensi Tersembunyi Kabupaten Majalengka yang Mencuri Perhatian!

BACA JUGA:Wacana Bentuk Daerah Otonomi Baru Kota Kadipaten Pemekaran Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat



2. Bandara Terbesar Kedua di Indonesia

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, yang mulai dibangun sejak Desember 2015, adalah bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Bandara ini mampu menampung sekitar 5,6 juta penumpang di atas lahan seluas 1.800 hektar. Kemegahan Bandara Kertajati juga dipadukan dengan motif batik megamendung di berbagai sisi sebagai bagian dari estetika yang ditampilkan.

3. Kota Penghasil Kecap Tertua

Majalengka dikenal sebagai penghasil kecap tertua. Salah satunya adalah kecap Maja Menjangan (MM), yang telah ada sejak tahun 1940.

Kecap Majalengka memiliki citra khas dan daya tahan yang luar biasa, dapat bertahan hingga sekitar dua tahun tanpa menggunakan bahan pengawet. Metode pengolahannya melibatkan campuran garam dalam jumlah besar, sehingga kecap ini memiliki daya tahan yang lama.

 

BACA JUGA:Wah Kota Kertajati Pemekaran Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat Bakal Jadi Kota Metropolitan

BACA JUGA:Usulan DOB Pemekaran Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat, 9 Kecamatan Gabung Kabupaten Bantal Cimale


4. Danau Biru yang Tersembunyi: Telaga Nila

Telaga Nila, yang dikenal sebagai "danau biru tersembunyi," memiliki air yang jernih dengan warna biru kehijauan yang memukau.

Saat air surut, warna Telaga Nila berubah menjadi hijau, sedangkan saat air pasang, warnanya berubah menjadi biru. Lokasinya tergolong sulit diakses dengan kendaraan roda empat, tetapi keindahan alamnya sebanding dengan usaha untuk mencapainya.

5. Pesona Bukit Bintang di Majalengka: Terasering Panyaweuyan Argapura

Terasering Panyaweuyan Argapura adalah salah satu objek wisata alam yang menarik di Majalengka. Tempat ini sering disebut sebagai "Bukit Bintang"-nya Majalengka, karena berdiri di ketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan laut.

Lembah Panyaweuyan memiliki panorama sawah berundak yang mirip dengan Tegallalang di Ubud, Bali. Langit cerah yang dipadukan dengan kabut yang menyelimuti bukit menambah daya tarik alam Panyaweuyan yang sulit untuk ditolak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: