Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Cirebon Usul Bentuk Kabupaten Cirebon Timur, Ini Alasannya...

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Cirebon Usul Bentuk Kabupaten Cirebon Timur, Ini Alasannya...

Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Cirebon Usul Bentuk Kabupaten Cirebon Timur, Ini Alasannya...-Palpos.id-Dokumen Palpos.id

CIREBON, PALPOS.ID - Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Cirebon Usul Bentuk Kabupaten Cirebon Timur, Ini Alasannya.

Usulan pembentukan kabupaten baru itu muncul dari warga dan tokoh masyarakat setempat, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Hal itu mengingat luas wilayah Kabupaten Cirebon saat ini 2.072 kilometer persegi. Serta berkaitan dengan wacana pembentukan Provinsi Cirebon.

Kemudian, jumlah penduduk Kabupaten Cirebon 2.290.967 jiwa sesuai data Badan Pusat Statistik atau data BPS tahun 2021 yang lalu.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Mengungkap Potensi Ekonomi yang Melimpah Calon Kota Baru

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Jawa Barat, Kota Cipanas Bersiap untuk Mandiri dengan Bergabungnya 5 Kecamatan

Untuk saat ini sudah ada 18 dari 40 kecamatan menyatakan diri siap bergabung dengan kabupaten daerah otonomi baru Kabupaten Cirebon Timur.

Ke-18 kecamatan tersebut yakni Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Greged, Kecamatan Ciledug. Kemudian, Kecamatan Beber, Kecamatan Gebang, Kecamatan Babakan, Kecamatan Karangwareng, Kecamatan Karangsembung.

Selanjutnya, Kecamatan Waled, Kecamatan Pangenan, Kecamatan Pasaleman, Kecamatan Susukanlebak, Kecamatan Sedong. Terus, Kecamatan Pabuaran, Kecamatan Mundu, Kecamatan Lemahabang, Kecamatan Losari, dan Kecamatan Pabedilan.

Sementara rencana ibukota Kabupaten Cirebon Timur nantinya akan berada di Kecamatan Astanajapura atau di Kecamatan Ciledug.

BACA JUGA:Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Barat, Kota Cinapas Kabupaten Cianjur Menyimpan Kekayaan Wisata dan Sejarah

BACA JUGA:Pemekaran Provinsi Jawa Barat, 3 Kota Ini Diusulkan Jadi Calon Kota Baru

Bahkan, Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat sangat mendukung pemekaran Kabupaten Cirebon dengan membentuk Kabupaten Cirebon Timur tersebut.

Disisi lain, ada juga wacana usulan pembentukan Provinsi Cirebon pemekaran Provinsi Jawa Barat atau Provinsi Jabar. Bahkan, sudah ada 5 kabupaten dan kota yang siap bergabung dengan Provinsi Cirebon tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: