Waikelo Sawah, Keindahan Alam yang Mempesona di Ujung Timur Indonesia

Waikelo Sawah, Keindahan Alam yang Mempesona di Ujung Timur Indonesia

Waikelo Sawah, Keindahan Alam yang Mempesona di Ujung Timur Indonesia--

SUMBA, PALPOS.ID - Pesona alam Indonesia memang tak ada habisnya.

Dari Sabang hingga Merauke, dari ujung barat hingga ujung timur, negeri ini terus memukau dengan keindahan alamnya yang beragam dan memikat hati siapa pun yang beruntung mengunjunginya.

Salah satu kekayaan alam yang mempesona tersebut yakni Air Terjun Waikelo terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Air terjun ini merupakan salah satu destinasi alam tersembunyi yang begitu memukau, menggoda para pecinta petualangan dan penggemar keindahan alam.

BACA JUGA:Sensasi Petualangan Ekstrem: Melintasi Lautan dengan Gond ola Manual di Pantai Timang, Yogyakarta

Air Terjun Waikelo Sawah merupakan perpaduan panorama air, gua dan sawah.

Air Terjun Waikelo Sawah berjarak sekitar 12 kilometer dari ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya.

Jika kita dari arah Bnadara Tambaloka menuju pusat Kota Waikabubak, maka kita akan melewati air terjun yang terkenal akan keindahannya ini.

Yang membuat Air Terjun Waikelo Sawah yang terletak di kaki bukit semakin unik adalah sekitarnya yang masih terjaga dengan baik, mempertahankan nuansa alami yang asli.

BACA JUGA:Menikmati Keindahan Alam Aceh: Petualangan di Puncak Genting dan Udara Pegunungan yang Sejuk

Pengunjung akan disambut dengan hijaunya sawah-sawah terasering, serta pepohonan rimbun yang menyejukan mata.

Banyak penduduk sekitar yang memanfaatkan aliran air ini untuk mencuci pakaian dan juga mandi sembari menikmati indahnya pemandangan yang disuguhkan di sekitar objek wisata.

Saat musim kemarau tiba, kawasan Air Terjun Waikelo Sawah menjadi destinasi unggulan yang ramai dikunjungi oleh para masyarakat setempat.

Keindahan alam dan pesona alami yang dimilikinya menjadi magnet bagi para pengunjung yang ingin menikmati momen luar biasa.

BACA JUGA:HeHa Sky View, Destinasi Populer di Jogja Pas untuk Selfie dan Nikmati Pemandangan dari Ketinggian

Air Terjun Waikelo Sawah, yang dikenal dengan bendungan mungilnya, memukau dengan keindahan guanya yang mungil.

Ditambah lagi dengan latar belakang pemandangan alam yang asri, cantik, dan indah, pengunjung merasa seakan berada di surga alam.

Saat berada di kaki bukit, rerimbunan pohon dan persawahan penduduk menambah nuansa alami yang menentramkan di kawasan wisata ini.

Objek wisata Air Terjun Waikelo Sawah ini memiliki ciri khas mirip gua alami.

BACA JUGA:HeHa Sky View, Destinasi Populer di Jogja Pas untuk Selfie dan Nikmati Pemandangan dari Ketinggian

Meskipun tergolong kecil dengan ketinggian sekitar 3 meter dan lebar sekitar 4 meter, mulut gua yang berbentuk kolam dengan air jernih membuat tempat ini sangat menarik.

Kolam air tersebut terlihat tenang, namun pengunjung sering diingatkan untuk tidak berenang di kawasan tersebut karena arus air yang kuat dari kolam.

Selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat menjelajahi desa-desa sekitar dan berinteraksi dengan penduduk setempat.

Ini adalah kesempatan bagus untuk memahami budaya dan gaya hidup masyarakat Flores Timur.

BACA JUGA:Keindahan Alam Hutan Pinus Sigrowong yang Menakjubkan

Air Terjun Waikelo Sawah adalah destinasi yang sempurna untuk mereka yang mencari petualangan alam, fotografi, atau bahkan sekadar melepaskan penat dari kehidupan sehari-hari.

Keindahan alam yang masih tersembunyi dan menjaga alam sekitar menjadikannya tempat yang harus dikunjungi saat menjelajahi Nusa Tenggara Timur.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: